Riau

DPR Nilai Riau Bisa Jadi Percontohan Restorasi Gambut

Wakil Komisi IV DPR Budisatrio Djiwandono

RIAUAMANDIRI.ID, PEKANBARU - Wakil Komisi IV DPR Budisatrio Djiwandono mengatakan lahan gambut yang terbakar di Riau harus dipulihkkan dengan menjadikannya kawasan konservasi gambut.

Dia menilai Provinsi Riau sebagai daerah kawasan gambut sebenarnya bisa menjadi percontohan restorasi gambut di Indonesia. 

Hal itu dia sampaikan dalam rapat membahas karhutla dengan Pemprov Riau di Kantor Gubernur Riau, Kamis (7/11/2019).

Oleh karena itu, dia mendorong tata kelola gambut di Riau dilakukan sungguh-sungguh dengan menerapkan inovasi-inovasi. 

"Jika dikelola serius maka kita bisa mewujudkan Riau sebagai role model restorasi gambut yang inovatif," kata Budisatrio.

Lebih lanjut politisi Partai Gerindra ini menejelaskan perlu lahan gambut yang terbakar harus segera dipulihkan dengan menanam pohon atau tanaman hortikultura. Sebab selama ini lahan gambut ditanami tanaman industri dan sawit yang tidak cocok bagi lahan gambut.

Jika upaya konservasi lahan gambut ini dilakukan dengan sungguh, dia meyakini karhutla dapat diatasi dan ini tentunya berdampak ekonomis bagi masyarakat.

"Lahan yang terbakar disulap menjadi lahan tepat guna bagi masyarakat seperti ditanami pohon sagu dan cabai-cabaian. Bisa juga untuk lahan peternakan," kata dia.


Reporter: Rico Mardianto




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar