Riau

BKD Riau Batal Umumkan Pendaftaran CPNS Besok, Ada Apa?

Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan.

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau terpaksa harus mengundurkan jadwal pengumuman pendaftaran Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) yang seharusnya dilakukan Senin (11/11/2019) besok. Pengumuman pendaftaran dijadwalkan akan dibuka pada tanggal 13 November 2019 mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan, mengatakan, pengunduran jadwal pengumuman pendaftaran tersebut karena ada tiga formasi yang dibuka oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), yang tidak sesuai dengan pendidikan.

“Tidak jadi kita sampaikan pengumuman pendaftaran CPNS Senin besok. Kita undur hingga tanggal 13 November. Jadi ada tiga formasi yang tidak sesuai dengan pendidikan, dan tidak mungkin diumumkan,” ujar Ikhwan Ridwan, Ahad (10/11/2019).

Dijelaskan Ikhwan, pihaknya akan menghadap ke Kemenpan RB untuk meminta kejelasan dari Kemenpan RB terkait dengan tidak sesuainya formasi yang dibuka oleh Kemenpan RB dengan yang diminta oleh Pemprov Riau sesuai dengan pendidikan.

“Tapi kalau ada perubahan dan disetujui oleh Kemenpan RB, dan disesuaikan dengan pendidikan maka besok akan kita umumkan. Tapi kalau tidak maka akan kita batalkan tiga formasi yang tidak sesuai pendidikan itu. Paling lambat pengumuman dibuka tanggal 13,” ungkap Ikhwan Ridwan.

Sebelumnya diberitakan, Menpan RB, Tjahjo Kumolo, telah mengeluarkan keputusan untuk penerimaan dan pendaftaran, CPNS akan dibuka pada tanggal 11 November 2019. 

Dalam isi surat Menpan RB tersebut, disebutkan pelamar hanya bisa mendaftarkan diri di satu instansi dan satu formasi jabatan saja. Dijelaskan juga ada 68 Kementerian/Lembaga dan 462 Pemerintah Daerah/Kota yang membuka penerimaan CPNS tahun ini.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) direncanakan dimulai bulan Februari 2020 dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada bulan Maret 2020. Untuk Riau penerimaan CPNS 2019 Pemprov Riau mendapat kuota 279 formasi untuk tiga bidang, yakni teknisi 87 orang, kesehatan 22 orang dan pendidikan 279 orang.

 

Reporter: Nurmadi



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar