Riau

HKN ke-55: Generasi Sehat Indonesia Unggul, Besok Diskes Riau Gelar Cek Kebugaran Bersama Gubri 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani (tengah).

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Generasi Sehat Indonesia Unggul merupakan tema dari Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, yang akan diperingati Selasa (12/11/2019) besok. Sedangkan bagi Provinsi Riau, mengambil sub tema, Generasi Sehat Riau Bersatu, Riau dengan Berdaya Saing, Bermartabat dan Unggul.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani, Senin (11/11/2019). Ia menjelaskan momentum HKN ke-55 ini, sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

“Banyak kegiatan yang sudah kita lakukan bersempena HKN ke-55, di antaranya memberikan pelayanan kesehatan ke daerah terpencil seperti di Tanjung Medang, Pulau Rupat Utara. Antusias masyarakat di sana cukup tinggi mengikuti pelayanan kesehatan,” jelas Mimi.

“Selain itu kita juga, melaksanakan intervensi stunting terhadap masyarakat yang setiap tahunnya kita jalankan, sebelumnya di Kabupaten Rokan Hulu, dan tahun ini di Kabupaten Kampar. Kegiatan lainnya yang sudah dan akan dilaksanakan, seperti pelayanan kesehatan oleh Rumah Sakit Daerah, Rumah Sakit Petala Bumi, dan juga puskesmas yang ada di seluruh daerah,” tambahnya.

Untuk upacara HKN ke-55, Mimi mengatakan akan dilaksanakan pada tanggal 22 November mendatang. Namun untuk acara resmi peringatan HKN akan dipusatkan di halaman Kantor Diskes Riau, Selasa (12/11). Di mana akan dilaksanakan berbagai kegiatan kesehatan yang akan dihadiri langsung oleh Gubernur Riau, dan Wakil Gubernur Riau.

“Besok akan dilaksanakan kegiatan cek kebugaran, untuk semua kepala OPD. Dan Gubernur Riau bersama Wakil Gubernur Riau akan hadir. Termasuk seluruh eselon 3 dan 4 yang ada di lingkungan Kantor Gubernur Riau. Kegiatan lainnya juga ada, lomba senam Germas, yang diikuti institusi pendidikan, RS dan dinas-dinas. Lomba menu sehat bekal anak sekolah yang harus diberikan kepada anak sekolah, pameran kesehatan dan periksa kesehatan,” jelasnya. 

Sementara itu, untuk acara puncak HKN ke-55, Diskes Riau akan mengadakannya pada hari Minggu 17 November di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru. Dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, memanfaatkan hari kesehatan. Salah satunya gowes bersama untuk kesehatan yang diikuti ribuan peserta pencinta sepeda. 

“Jadi kalau untuk acara puncaknya akan dilaksanakan pada hari Minggu 17 November, di Jalan Gajah Mada, yang akan diikuti instansi kesehatan, OPD di lingkungan Pemprov Riau, sekaligus kegiatan bersepeda santai bersama komunitas sepeda, dan telah mendaftar sebanyak 1.300 peserta. Target kita sekitar 1.500 peserta, tentu dengan jumlah yang ada sekarang akan bertambah. Masyarakat silakan ikut bersama, dan kami telah menyediakan berbagai hadiah untuk para pemenang, seperti sepeda,” ungkapnya. 

Dalam rangkaian kegiatan HKN di Dinas Kesehatan Provinsi Riau pada tahun 2019 ini, menjadi semangat untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, organisasi, dunia pendidikan. Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, diharapkan semua sektor akan semakin sadar pentingnya pembangunan kesehatan.


Reporter: Nurmadi


Tags Kesehatan

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar