Ekonomi

Resmi Dilantik, KFDI Riau Akan Bumikan Batik dan Tenun Khas Melayu yang Kreatif 

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pengurus Kadin Fashion Design of Indonesia (KFDI) Provinsi Riau Periode 2019-2023 resmi dilantik oleh Ketua Umum KFDI Pusat, Yus Otavia, Sabtu (9/11/2019) kemarin, di Living Word Pekanbaru. Kepengurusan KFDI yang baru perdana di Provinsi Riau ini, dipimpin oleh Ketua Umum Viviana Hanifa didampingi Seketaris Umum Reni Purba dan Bendahara Umum Yuna.

Ketua Umum KFDI Viviana Hanifa dalam keterangan tertulis yang diterima Riaumandiri.id, Rabu (13/11/2019), menjelaskan, KFDI merupakan organisasi otonom dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) yang menghimpun para pelaku ekonomi kreatif di dunia fashion. 

"KFDI sendiri merupakan organisasi perdana yang ada di Provinsi Riau dan mandat langsung diberikan oleh Ketua Umum Kadin Pusat kepada saya (Viviana Hanifa, red) yang diamanahkan untuk membentuk organisasi KFDI dengan harapan mampu memajukan dan mewujudkan cita-cita Riau dalam mengembangkan para designer yang ada di Riau. Alhamdulillah kita sudah dilantik Sabtu, 9 November 2019 kemarin," kata Viviana Hanifa.

Dikatakannya, KFDI akan menampung para pelaku designer dan fashion, kemudian melakukan pelatihan dan pembinaan kepada para ekonomi kreatif dalam mengembangkan ciri khas Melayu Riau yaitu batik Melayu sesuai dengan tema yang diangkat ini yaitu “Membumikan Batik dan Tenun Riau yang Kreatif dan Inovatif”.

"Semua ini tak luput juga atas kerja sama organisasi yang terlibat dan pihak swasta serta khususnya Pemerintah Provinsi Riau ini," kata Viviana.

Bersempena dengan acara pelantikan itu, beber Viviana, juga digelar serangkaian kegiatan yang berlansung selama 5 hari, dari tanggal 6 – 10 November 2019 di Living Word Pekanbaru, di antaranya, pameran bazar fashion, kuliner dan talkshow yang diisi oleh pemateri yang berkompeten di bidangnya. 

“Di hari pertama kita melakukan Talkshow Peluang Bisnis Fashion Industri diisi oleh pemateri Hasbi Utami, dan hari berikutnya dengan tema Support System Pemerintah terhadap Tumbuh Kembang Designer Lokal yang diisi langsung oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau dan Ketua Asosiasi Penata Busana Indonesia Provinsi Riau serta tidak lupa juga dengan materi yang diisi oleh designer nasional yaitu Irwansyah Mecca dalam perbincangan mengenai How to be a Professional Designer,” papar Viviana.

Selain itu, katanya, juga digelar lomba, baik tingkat anak-anak maupun dewasa, seperti Lomba Fashion Designer, Lomba Fashion Show dan Lomba Mewarnai serta acara puncak, pelantikan pengurus KFDI pada Sabtu (9/11/2019) pada pukul 19.30 WIB di Living Word.

Selain Ketua Umum KFDI Pusat Yus Otavia, juga hadir pada acara ini, Gubenur Riau yang diwakili oleh Baiduri Yoserizal yang merupakan pembina KFDI Riau, Ayunda Sewitri Haris dan Ayunda Ade Hartati yang merupakan anggota DPRD Riau dan terlibat langsung menjadi penasehat di KFDI dan juga organisasi perempuan, seperti FORHATI dan BKOW serta Plt Kadis Pariwisata Yoserizal.

“Acara pelantikan KFDI ini kami persiapkan dalam waktu kurang dari 1 bulan. Dengan banyaknya support oleh berbagai pihak serta kerja sama dari kepanitiaan dan kepengurusan yang tak luput terlibat dalam agenda ini, Alhamdulillah acara pelantikan KFDI ini mampu dilaksanakan dan berjalan dengan lancar,” tambah Ketua Pelaksana Reni Purba.

“Semoga dengan adanya KFDI ini mampu menjadi wadah dan kerja sama bagi para pelaku designer yang mempunyai bakat dan talenta dalam dunia fashion dan designer,” pungkas Reni.


Tags Riau

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar