Riau

Sisa 10 Unit, Lelang Mobil Dinas Pemprov Riau Hasilkan Rp1,5 Miliar

Lelang Mobil Dinas Pemprov Riau

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU – Sebanyak 46 jenis kendaraan mobil dinas Pemerintah Provinsi Riau telah dimelelang, Rabu (12/11). Kendaraan tersebut merupakan barang milik daerah (BMD hasil dari pengadaan tahun-tahun sebelumnya, mulai kendaraan tahun 1994 hingga tahun 2010. 

Dari hasil lelang tersebut berhasil diraup pendapatan sebesar Rp1,5 miliar. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau, Syahrial Abdi mengatakan, lelang kendaraan bermotor yang dijalankan Pemprov Riau ini merupakan yang pertama kali di jalankan.

Dari hasil lelang sebesar Rp1,5 miliar tersebut masih bisa bertambah Rp500 juta. Karena dari 46 mobil yang dilelang masih menyisakan 10 kendaraan lagi yang belum selesai lelang.

“Alhamdulillah proses lelang terbuka sudah selesai dijalankan. Dan dari perhitungan lelang 46 mobil itu menghasilkan Rp1,5 miliar, sedangkan 10 mobil lagi belum terjual. Nanti akan kia buka lagi lelang untuk 10 unit tersebut,” jelas Syahrial Abdi.

Dijelaskannya, jika dihitung dari nilai jual kendaraan yang lelang 36 unit mobil yang terjual senilai Rp900 juta. Namun setelah dibuka lelang dan terjual sebesar Rp1,5 miliar. Dan ini menandakan banyak masyarakat yang memanfaatkan lelang kendara dinas ini.

“Jadi ada peningkatan penjualan dari nilai kendaraan yang ada. Sekitar Rp500 juta peningkatan penjualannya dari harga jual mobil itu,” jelasnya.

Sementara itu, untuk sisa mobil dinas yang belum terjual tersebut, pihaknya kembali akan membuka lelang terbuka. Bagi masyarakat yang masih berminat untuk ikut lelang bisa mendaftar. Jadwal pembukaan lelang kembali akan diumumkan dalam waktu dekat ini.

“Ya kita buka lagi lelangnya, nanti akan kita umumkan kapan dibukanya dalam waktu dekat ini dimumkan. Kalau dihitung dari harga jualnya bisa mencapai Rp500 juta,” ungkapnya. 

Sementara itu dari lelang mobdin tersebut dibuka untuk umum melalui website Lelang.co.id, sehingga masyarakat di mana saja bisa mengikuti lelang terbuka ini. Lelang secara online ini yang pertama dilakukan Pemprov Riau. 

"Alhamdulillah antusias masyarakat sangat luar biasa. Dimana terhitung sejak tadi malam sudah 400 orang yang sudah mendaftar, padahal jumlah kendaraan hanya 46 unit. Jadi diperkirakan satu unit mobil itu didaftar sekitar 10 orang,” katanya. 

Proses lelang kendaraan bermotor ini berlangsung selama dua jam, mulai dari jam 09.00 WIB-11.00 WIB. Penawaran yang tertinggi yang mendapatkan pemenang lelang.


Reporter: Nurmadi



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar