Riau

Gubri Realisasikan DD 200 Juta, Bupati Alfedri Berharap Muncul Usaha Baru dari Kampung

RIAUMANDIRI.ID, SIAK - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyalurkan bantuan keuangan (Bankeu) untuk kampung-kampung di Kabupaten Siak, dengan nominal sebesar Rp200 juta per kampung. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Riau Syamsuar kepada para Penghulu Kampung, dan turut disaksikan Bupati Siak Alfedri di Hotel Labersa Kabupaten Kampar, Riau, Jumat (15/11/2019).

Dana bantuan keuangan untuk desa yang bersumber dari APBD perubahan Tahun 2019 tersebut, merupakan bantuan yang diperuntukkan bagi pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di kampung-kampung.

"Penyerahan bankeu khusus ini diharapkan dapat digunakan untuk memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang sudah ada. Berkas yang masuk ke Pemerintahan Provinsi merupakan bantuan keuangan khusus yang dialokasikan untuk penyertaan modal BUMDes," ucap Gubernur Riau saat memberikan sambutan di hadapan audiens yang hadir. 

Sementara itu saat ditemui seusai mengikuti acara penyerahan Bantuan Keuangan Khusus secara simbolis, Bupati Siak Alfedri mengatakan, Bantuan Khusus dari Pemerintah Provinsi ke seluruh kampung ini diarahkan untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Diharapkan nantinya akan bermunculan usaha-usaha baru yang dapat dikembangkan dikampung-kampung terutama untuk meningkatkan UMKM," kata Alfedri. 

Selain itu kata Alfedri, juga dimaksudkan untuk mendukung Bumdes atau Bumkam dalam mewujudkan produk-produk unggulan kampung, seperti untuk perikanan, sumber air,  yang pada intinya bisa  menggerakkan perekonomian masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan yang ada
di kampung-kampung, serta membuka lapangan pekerjaan.

Siti Aminah, Penghulu Kampung Banjar Seminai Kecamatan Dayun yang turut hadir dalam kesempatan itu, mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Riau yang telah membantu bantuan keuangan untuk peningkatan peran Bumkam.

"Ini tanggung jawab yang besar bagi kami selaku Kepala Desa atau Penghulu Kampung. Kami akan komitmen memajukan Bumkam. dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat menambah PAK Desa, peningkatan tenaga kerja, dan penghasilan," kata dia. 

Dana bantuan ini sebutnya, selanjutnya akan diserahkan kepada Direktur Bumkam di bawah pengawasan Desa. Penghulu Kampung Banjar Seminai ini juga berharap kedepan jumlah bantuan keuangan untuk kampung-kampung dapat terus ditingkatkan.


Reporter: Darlis Sinatra


Tags Siak

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar