Pekanbaru

Dewan Pers: Daerah Lain Bisa Contoh PFI Pekanbaru

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Anggota Dewan Pers Ir Achmad Djauhar mendatangi Sekretariat Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pekanbaru yang berada di Jalan Sumatera, Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (15/11/2019).

Kedatangan Achmad ke Pekanbaru untuk memverifikasi organisasi pewarta foto yang bekerja di beberapa media yang ada di Pekanbaru. Ia langsung sambut oleh Ketua PFI Pekanbaru Rian FB Anggoro, Sekretaris Mohammad Awan, dan anggota lainnya yang tergabung dalam keanggotaan PFI.

Usai berbincang-bincang dengan semua pengurus, selanjutnya anggota Dewan Pers tersebut memeriksa semua kelengkapan berkas organisasi di antaranya program kerja, legalitas, keanggotaan, dan lain-lain.

Usai pemeriksaan berkas, Achmad Djauhar mengatakan bahwa verifikasi yang dilakukan oleh Dewan Pers sangat penting bagi organisasi profesional.

" Sertifikat verifikasi ini sangat penting," katanya.

Lanjutnya lagi, jurnalis bidang foto yang bekerja di perusahaan media tentunya harus mengetahui teknis foto dan dinamakan jurnalis foto atau pewarta foto. Dan tentunya dalam jurnalis ini ada 3 hal penting yang harus dilakukakn yakni verifikasi, verifikasi dan verifikasi.

Menurut Achmad Djauhar lagi, dalam jurnalisme baik tulis maupun foto informasi yang disebarkan harus melalui tahapan tahapan sehingga informasi yang tersebut benar-benar akurat dan berasal dari sumber yang jelas.

Sebagai Dewan Pers, Achmad Djauhar berpesan kepada seluruh awak jurnalis yang ada di seluruh Indonesia untuk tidak mengopi paste berita dari media lain.

"Untuk para jurnalis bekerjalah secara profesional dan total bekerja dalam dunia jurnalistik," tutupnya.

Di akhir pertemuan, Ahmad Djauhar memberikan apresiasi kepada PFI Pekanbaru, yang menyusun secara rapi, tersusun dan lengkap berkasnya.

"Daerah (PFI, red) lain bisa mencontoh PFI Pekanbaru dalam mempersiapkan dokumen verifikasi," pungkas Ahmad Djauhar.

Sementara itu Ketua PFI Pekanbaru Rian, mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pers yang telah memverifikasi PFI Pekanbaru.

"Walau cukup mendadak, Alhamdulillah dengan semangat kekompakan, kawan-kawan PFI mampu menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, lengkap dan diterima oleh Dewan Pers," sebut Rian.


Tags Pekanbaru

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar