Riau

Gubernur Riau: Bankeu untuk Kecamatan Agar Camat Tidak Korupsi

Syamsuar saat konferensi pers usai penyerahkan Bantuan Keuangan Khusus secara simbolis untuk 1.591 desa dan 166 kecamatan

RIAUMANDIRI.ID, KAMPAR - Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, dana bantuan keuangan khusus untuk desa yang bersumber dari APBD perubahan tahun 2019 diperuntukkan bagi pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

Tak hanya dana untuk desa, Pemprov Riau juga mengalokasikan dana untuk kecamatan. Syamsuar menyebut, bankeu khusus kecamatan diperuntukkan bagi kebutuhan operasional camat. 

"Mereka kan perlu beli minyak juga, kalau misalnya camat tak ada duit jangan banyak perintah saja, nanti akhirnya melakukan pungli, keluarkan izin ini minta sekian, akhirnya ditangkap polisi. Nah, dana ini kita sediakan sekaligus untuk mencegah korupsi, untuk mencegah pungutan liar, sehingga camat juga ada uang yang digunakan untuk kebutuhan sesuai tugas dan tanggung jawab camat," jelas Syamsuar saat konferensi pers usai penyerahkan Bantuan Keuangan Khusus secara simbolis untuk 1.591 desa dan 166 kecamatan, Jumat (15/11/2019) di Hotel Labersa, Siak Hulu, Kampar.

Arahan Menteri Dalam Negeri tentang bantuan keuangan dari pemerintah pusat maupun provinsi hanya untuk desa dan kelurahan. Namun, kata Syamsuar, pemerintah pusat belum memberikan anggaran untuk camat, padahal camat juga membutuhkan dana untuk operasional sehari-hari.

"Alhamdulillah sekarang Riau ke hulu, belum Pak Menteri ngomong, Riau sudah mendahului, karena saya pernah jadi camat, jadi saya tahu bagaimana susahnya jadi camat," kata dia.

Syamsuar menyebutkan, bantuan keuangan yang disedikan untuk kecamatan besarannya berbeda-beda, tergantung besaran APBD kabupaten/kota.

Selain itu, mantan Bupati Siak ini juga mengaku intens menjalin komunikasi dengan para camat melalui grup WhatsApp camat se-Riau. Melalui grup WA tersebut, Syamsuar bisa memperoleh informasi mengenai perkembangan pembangunan di kecamatan-kecamatan. 

"Saya kan ada grup WA dengan camat, saya bisa perintah camat, maka kalau ada perintah dari saya, camat langsung melaksanakan karena sudah disediakan duit. Malu lah dia kalau tak mengerjakan. Sebelumnya kita tak pernah tahu laporan camat, paling-paling laporan dari bupati. Jadi ini salah satu misi saya agar Riau ini maju, kalau tidak kapan Riau ini bisa maju," papar Syamsuar.


Reporter: Rico Mardianto



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar