Riau

Ribuan Masyarakat Hadiri Puncak HKN ke-55, Gubri: Biasakan Hidup Sehat dan Berolahraga

Ribuan masyarakat Riau memadati Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, mengikuti senam kebugaran dan sepeda santai, Ahad (17/11/2019).

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Ribuan masyarakat Riau memadati Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, mengikuti senam kebugaran dan sepeda santai, Ahad (17/11/2019). Kegiatan ini merupakan puncak acara peringatan 55 Tahun Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang digelar oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau. 

Dalam puncak peringatan HKN hadir Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, dan Kadiskes Riau Mimi Nazir. Mereka berbaur bersama masyarakat dengan bersepeda santai, serta senam kebugaran. Selain itu banyak kegiatan yang diselenggarakan, ada layanan pengobatan umum secara gratis, penyediaan minuman kesehatan, tersedianya makanan, sayur-sayuran dan buah-buahan untuk kesehatan. 

Gubernur Riau Syamsuar mengajak seluruh masyarakat untuk membiasakan hidup sehat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti berolahraga dan menamakan makanan yang sehat. Selain itu juga menjaga lingkungan yang sehat dengan membuang sampah pada tempatnya, dan mengurangi sampah plastik.

“Dengan peringatan HKN ini mari sama-sama kita menjaga kesehatan. Termasuk olahraga itu penting bagi kita, dengan bersepeda ataupun berjalan kaki dan olahraga lainnya. Selain itu kurangi sampah plastik, gunakan bahan yang bisa digunakan selain plastik,” kata Gubri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, puncak peringatan HKN ini merupakan momentum untuk membiasakan masyarakat hidup sehat, sesuai dengan tema HKN ke-55, Generasi Sehat Indonesia Unggul. Dan diperkirakan puncak acara HKN ke-55 dihadiri sekitar 7.000 peserta. 

“Acara HKN ini memang direncanakan untuk menggelorakan semangat olahraga kepada masyarakat Riau, sejalan dengan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dimana untuk penguatan upaya promotif dan preventif dalam meningkatkan derajat kesehatan adalah melakukan aktifitas fisik yang sudah dituangkan,” ujar Mimi. 

Dijelaskan Mimi, kegiatan ini adalah penggerakan masyarakat untuk hidup sehat, dimana selain olahraga juga dibuka stand pameran yang diisi dengan pemeriksaan kesehatan gratis, sosialisasi Germas, bugar dengan jamu (Bude Jamu), edukasi penggunaan obat secara rasional dan juga bermacam-macam konseling seperti konseling gizi, tumbuh kembang, pemeriksaan gigi dan lain-lain yang didukung oleh rumah sakit pemerintah dan swasta, laboratorium kesehatan, institusi pendidikan dan mitra kesehatan serta organisasi profesi kesehatan. Tidak kurang dari 100 stand berdiri melayani masyarakat Pekanbaru.

“Dalam HKN ini banyak yang terlibat dan mendukung baik sebagai partisipan maupun sebagai sponsorship. Kita juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur dan Forkopimda atas kesediaan beliau mengikuti acara HKN, bahkan Start Gowes dilepas langsung oleh Bbapak Gubernur dan Ibu,” katanya.


Reporter: Nurmadi


Tags Riau

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar