Riau

Renovasi Stadion Utama Riau Bakal Dibantu Perusahaan dan APBN

Stadion Utama Riau

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Kendati Riau belum pasti ditunjuk PSSI atau FIFA menjadi salah satu tuan rumah gelaran Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang, Dinas Pemuda dan Olahraga tetap akan menganggarkan anggaran untuk renovasi Stadion Utama Riau.

Kadispora Riau, Doni Aprialdi mengatakan, untuk anggaran renovasi belum bisa dipastikan berapa besarannya. Namun untuk merenovasinya tidak hanya semata membebankan APBD Riau. Di mana sebelumnya diinformasikan renovasi akan menghabiskan anggaran sebesar Rp35 miliar.

“Renovasi stadion tetap kita bahas penganggarannya. Dan anggarannya masih dihitung berapa besarannya. Tapi perlu diingat renovasi stadion utama tidak hanya dibebankan pada APBD Riau, tapi juga partisipasi dari perusahaan untuk ikut membantu,” jelas Doni Aprialdi, Senin (18/11/2019).

Dijelaskan Doni, perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi nantinya bisa diminta untuk merenovasi stadion utama, seperti mengganti rumput stadion, merenovasi beberapa ruangan yang ada di stadion. Termasuk infrastruktur yang ada di luar dan di dalam stadion.

“Jadi kalau kita sudah ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, tentu anggarannya tidak hanya dari kita saja, dan tidak dibebankan semuanya di APBD. Tapi juga dari APBN. Perusahaan yang mau membantu bisa memilih apa saja yang mau dibantu. Bisa saja renovasi rumput, ataupun infrastuktur yang ada di dalam dan di luar stadion,” ungkapannya. 

“Kita akan terus berjuang agar kita bisa ditunjuk sebagai salah satu venue Piala Dunia U20, tahun 2021 mendatang. Dan pak Gubernur juga sangat menginginkan kita jadi tuan rumah. Tentu kita harus cepat bergerak agar stadion kita layak dan pantas menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20,” kata Doni.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau, belum bisa memastikan berapa anggaran yang akan digelontorkan untuk merenovasi Stadion Utama Riau yang akan digunakan untuk perhelatan Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang di Indonesia. Namun pihaknya sudah membahas bersama dewan untuk penganggarannya di APBD 2020.

Kadis PUPR Riau, Dadang Eko Purwanto, mengatakan, keinginan Gubernur Riau, Syamsuar untuk ikut berpartisipasi sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20, haru direspon cepat. Pasalnya dengan waktu yang hanya menyisakan satu tahun lagi, harus segera dianggarkan anggaran renovasi stadion utama. 

“Untuk renovasi Stadion Utama Riau, belum bisa dipastikan berapa besar anggarannya. Karena sekarang masih dalam pembahasan, jadi tidak bisa kita pastikan berapa besar anggaran renovasi. Kita tunggu hasil pembahasannya,” ujar Dadang. 

Dijelaskan Dadang, perlu pembahasan dari awal untuk memasukkan anggaran renovasi stadion utama pada tahun 2020. Jangan sampai nantinya terlambat di saat Riau ditunjuk menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U20.

“Perlu diantisipasi dari sekarang untuk merenovasi stadion. Kalau kita ditunjuk jadi tuan rumah kita sudah siap. Stadion hanya tinggal pembenahan saja, keinginan Gubernur harus kita dukung, dan masyarakat juga menginginkan kembali adanya event internasional di Riau,” pungkas Dadang.


Reporter: Nurmadi



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar