Ekonomi

APBD Riau 2020 Alami Penurunan, Eet Minta Pemprov Tidak Muluk-muluk

Ketua DPRD Riau, Indra Gunawan Eet

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet meminta Pemerintah Provinsi Riau untuk tidak terlalu berasumsi dalam menetapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau 2020, hingga mencapai Rp9 triliun lebih. Karena pada kenyataannya APBD Riau berada di bawah Rp9 triliun.

“Jadi begini, kita ini jangan berasumsi dan tidak bermuluk-muluk. Biar pahitnya segitu jangan bergengsi dengan APBD kita ceritanya besar-besar tapi tidak segitu. Kita ini kan inginnya besar-besar tapi kena lagi tunda bayar. Sekarang berapa ada segitulah yang disepakati,” tegas Eet, Selasa (19/11/2019).

Dijelaskan Eet, jika memang APBD Riau sebesar Rp7,1 triliun dan mengalami penurunan hingga mencapai Rp800 miliar, jangan ditutup-tupi dengan anggaran yang besar. Namun kenyataannya tidak seperti apa yang dibahas dan diterima. 

“Kita mengalami penurunan dari Rp10 triliun jadi 8 triliun. Daripada kita berasumsi terlalu besar kita hitung dari bagi hasil itu 100 persen berbau jadinya. Jadikan kita sampaikan 70 persen segitulah dulu yang kita hitung jangan dibesar-besarkan,” kata Eet. 

Disinggung berapa Dana Bagi Hasil (DBH) Riau untuk tahun 2020 mendatang, Eet menjelaskan sebesar Rp2,4 triliun. Namun angka tersebut tidak bisa semata-mata dimasukkan dalam APBD Riau, jika tidak ada angka yang pasti untuk DBH Riau yang akhirnya nanti ditunda bayar.

“Setelah dievaluasi DBH Rp2,4 T jadi Rp1,8 T. Kalau kita menghitungnya di angka 70 persen maksimalnya 75 persen, angkanya menjadi Rp1,2 T, segitulah DBH kita,” katanya.

Untuk memastikan besaran APBD Riau 2020, DPRD Riau akan membahasnya kembali pada Rabu (20/11/2019). Dan diperkirakan APBD Riau hanya mencapai Rp8 triliun. Tidak seperti yang ditargetkan oleh Pemprov Riau sebesar Rp9,4 triliun, setelah adanya DBH dari pemerintah pusat.

“ABPD kita estimasinya sekitar Rp8 triliun. Dan tidak mungkin mencapai Rp9,4 trilin. Jadi estimasinya sekitar segitulah, besok baru bisa kita pastikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Plh Sekdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie, mengatakan pihaknya juga belum bisa memastikan berapa besar APBD Riau tahun 2020 mendatang. Walaupun awalnya sudah dibahas sebesar Rp9,4 T. Namun DBH Riau pada tahun 2020 juga belum bisa dihitung.

“Belum bisa kita pastikan berapa besarnya APBD kita. Besok baru tahu. DBH kita ini baru diminta kepastiannya ke pusat, kepala BPKAD berada di Jakarta untuk memastikan angka DBH kita,” ujar Ahmad Syah.

Untuk diketahui, APBD Riau tahun 2019 sebesar Rp9,1 triliun. Jika tahun 2020 APBD Riau sebesar Rp8 triliun, maka APBD Riau mengalami penurunan hingga mencapai Rp1 triliun.


Reporter: Nurmadi


 




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar