Olahraga

Liga Serie A Italia: AS Roma vs Brescia 3-0

RIAUMANDIRI.ID, ROMA - Dalam lanjutan Liga Serie A Italia giornata ke-13 di Olimpico, AS Roma sempat kesulitan di babak pertama kala menjamu Brescia, Minggu (24/11/2019) malam WIB. Namun tuan rumah akhirnya menang 3-0. Laga ini turut diwarnai tiga gol dianulir.

Meski mendominasi, babak pertama berjalan sulit buat tuan rumah karena pertahanan rapat dan disiplin Brescia.

Kebuntuan pecah di menit ke-49, ketika sundulan Chris Smalling menyambut sepak pojok terdefleksi dan bergulir masuk ke gawang. Dari korner pula Gianluca Mancini memperbesar keunggulan di menit ke-57.

Setelah gol Nicolo Zaniolo dianulir, Roma benar-benar bikin gol ketiga di menit ke-66 melalui sepakan Edin Dzeko. Pada prosesnya ada dua gol lain dianulir di laga ini, masing-masing dari Dzeko dan Florian Aye (Brescia).

Skor 3-0 bertahan sampai pertandingan usai. Hasil ini menjadi respons positif Giallorossi usai kekalahan 0-2 dari Parma sebelum jeda internasional.

Roma sementara naik ke posisi empat dengan 25 poin dari 13 laga, melewati Cagliari yang baru akan bertanding, Senin (25/11) dini hari WIB. Sementara Brescia belum beranjak dari posisi buncit dengan baru mengoleksi tujuh poin.

Jalannya Pertandingan

AS Roma memulai laga dengan inisiatif menguasai pertandingan. Namun justru Brescia yang melepaskan percobaan lebih dulu lewat tendangan Alfredo Donnarumma dari luar kotak penalti, yang masih melambung ke atas gawang.

Rapatnya pertahanan Brescia membuat Roma cukup kesulitan masuk ke kotak penalti. Aleksandar Kolarov melepaskan sepakan menyusul situasi sepakan pojok, namun melesat ke atas. Sementara percobaan Alessandro Florenzi lima menit kemudian melebar jauh.

Justin Kluivert menerima bola di dalam kotak penalti di menit ke-19, namun sepakannya melebar. Ia kemudian mengirim umpan silang untuk Edin Dzeko, yang sundulannya juga belum mengarah ke gawang.

Roma terus mencoba menciptakan ancaman ke gawang Brescia. Sundulan Dzeko melenceng di menit ke-30, sementara sepakan Lorenzo Pellegrini tak lama berselang cuma bergulir tipis ke kiri gawang.

Brescia balas mengancam melalui sepakan Emanuele Ndoj dari luar kotak penalti di menit ke-34. Pau Lopez masih mampu mengamankan gawang Roma.

Brescia punya peluang lainnya di menit ke-44 dari sepak pojok. Umpan lambung mengarah ke Donnarumma yang berdiri bebas di depan gawang, tapi tandukannya melebar. Babak pertama berakhir sama kuat 0-0.

Tiga menit babak kedua berjalan, Roma memecahkan kebuntuan lewat sepak pojok. Umpan Pellegrini disundul Chris Smalling dan bola membentur pemain Brescia, sebelum akhirnya masuk ke gawang.

Dari korner di menit ke-57 tuan rumah kembali bikin gol. Dari situasi sepak pojok, bola lambung disundul Smalling ke arah Gianluca Mancini yang lantas menyonteknya ke pojok kiri atas gawang. Tendangannya meluncur indah melewati atas kiper.

Dzeko punya kans untuk memperlebar selisih di menit ke-59, saat menerima umpan terobosan dari Mancini. Tendangan kerasnya ditepis saja oleh kiper.

Tak lama kemudian Roma mencetak gol ketiga. Nicolo Zaniolo menyambar bola liar hasil tendangan Kolarov yang ditepis. Tapi gol ini dianulir karena sudah lebih dulu out sebelum proses terciptanya gol.

Hanya saja Brescia tetap tak mampu mencegah Roma bikin gol ketiga di menit ke-66. Dari sepak pojok, bola liar hasil sundulan Smalling jatuh ke kaki Dzeko di depan gawang. Ia dengan tenang menuntaskan peluang tersebut.

Brescia merespons dengan sepakan Bruno Martella dari luar kotak penalti. Tendangannya dihalau saja oleh Lopez.

Sepakan Kolarov di menit ke-71 meluncur ke atas gawang. Dzeko nyaris mencetak gol keempat Roma di menit ke-79 saat menyambar umpan tarik Justin Kluivert. Sepakannya dengan gemilang ditepis Joronen.

Tak lama kemudian, Dzeko benar-benar menjebol gawang Brescia. Tapi lagi-lagi dianulir wasit karena ia lebih dulu offside.

Giliran gol Brescia dianulir di menit ke-87. Florian Aye menceploskan bola ke dalam gawang memanfaatkan kemelut usai kegagalan Pau Lopez memotong bola. Tapi wasit menyatakan terjadi handball lebih dulu.

Percobaan Cengiz Under di menit ke-89 cuma melesat tipis saja ke atas gawang. Sementara tendangan Kolarov beberapa saat kemudian meluncur ke kanan sasaran. Skor 3-0 bertahan sampai peluit panjang.

Susunan pemain:

Roma: Pau Lopez; Florenzi (Santon 77), Mancini, Smalling, Kolarov; Diawara, Veretout; Zaniolo (Perotti 80), Pellegrini (Under 72), Kluivert; Dzeko

Brescia: Joronen; Sabelli, Chancellor, Cistana, Martella; Bisoli (Morosini 84), Tonali, Ndoj (Zmrhal 62), Romulo; A Donnarumma, Torregrossa (Aye 71)


Tags BOLA

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar