Pendidikan

Hari Guru Nasional, Gubernur Riau Tunggu Terobosan Mendikbud

Gubernur Riau Syamsuar melepas balon pada peringatan Hari Guru Nasional 2019 di halaman Kantor Gubernur Riau. (Riaumandiri.id/Rico Mardianto)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar mempimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional 2019, di halaman Kantor Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Senin (25/11/2019). Upacara dihadiri guru dan siswa serta kepala OPD Pemprov Riau.

Peringatan Hari Guru tahun ini mengambil tema "Peran Strategis Guru Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Indonesia Unggul". Dalam sambutannya Gubernur Riau membacakan teks pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Dalam teks pidato tersebut, Nadiem menyoroti tentang guru yang selalu  dibebankan dengan tugas administrasi dan birokrasi sehingga membatasi guru dalam berinovasi dan berkreasi dalam mengajar.

Syamsuar mengapresiasi terobosan Mendikbud yang akan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkerasi dan berinovasi dalam mengajar tanpa disandung tugas-tugas administrasi.

Syamsuar mengatakan Mendikbud telah membawa perubahan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

"Tentu harapan saya dalam waktu tidak begitu lama, Pak Mendikbud sudah buat penggarisan agar jadi pedoman bagi guru-guru di Riau, baik di tingkat PAUD, SD, SMP dan SLTA. Kami tunggu, beliau sedang mempersiapkan pola dengan memberi kemudahan-kemudahan bagi guru dalam mengajar," terang Syamsuar kepada wartawan usai upacara.

Menurut Syamsuar, persoalan ini juga kerap disampaikan Presiden Joko Widodo. Dia bilang Presiden menginginkan guru untuk fokus meningkatkan kualitas pendidikan tanpa dibebani tugas-tugas administrasi.

"Selama ini guru asyik dengan pekerjaan administratif, sehingga tidak fokus meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan adanya terobosan Mendikbut, mudah-mudahan ada peningkatan SDM," kata Syamsuar.

Pada momentum Hari Guru kali ini, Gubernur Riau memberikan penghargaan kepada salah seorang anggota Polda Riau, Bripka Ralon Manurung atas kepedulian dan dedikasinya pada pendidikan. Ralon membangun sebuah sekolah dasar di Desa Batu Sasak, Kabupaten Kampar. Syamsuar berharap apa yang dilakukan Ralon menjadi contoh bagi yang lain.**


Reporter: Rico Mardianto
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar