Riau

Bupati Siak Kedatangan Warga yang Pernah Dibantu Biaya Operasi Jantung

Bupati Siak Kedatangan Warga yang Pernah Dibantu Biaya Operasi Jantung

RIAUMANDIRI.ID, SIAK - Warga Kampung Lalang Kecamatan Sungai Apit datang mengucapkan terimakasih kepada Bupati Siak, usai peringatan Hari Kesehatan Nasional di halaman Kantor Bupati.

Sebab Robiati, anak pasangan dari Iwan dan Hermadiyah mendapatkan bantuan biaya operasi jantung di RS Jantung Harapan Kita Jakarta. 

"Terima kasih Pak Bupati, saya sudah sembuh dan bisa beraktifitas kembali," kata Robiati yang datang bersama ibunya, Senin (25/11/2019).

Lima tahun yang lalu Robiati menderita penyakit jantung yang harus segera dioperasi. Karena keterbatasan ekonomi, Pemkab Siak melalui Dinas Kesehatan memberikan bantuan biaya operasi sebesar Rp250 juta. 

"Tadi pasien jantung yang sudah sembuh menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Siak, atas bantuan biaya operasi jantung di RS Harapan Kita Jakarta," kata Bupati Siak Alfedri. 

Dijelaskan Alfedri, Pemkab Siak melalui Dinas Kesehatan memberikan bantuan sebesar Rp250 juta untuk biaya operasi dan medical check kembali serta biaya pendamping selama di Jakarta.

Menurut dia, bantuan tersebut adalah program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang  disiapkan untuk warga miskin yang tidak tertampung di BPJS Kesehatan. Prinsipnya orang-orang miskin ini dibantu oleh Pemerintah, baik dari APBN maupun Kabupaten. 

"Kami masih menganggarkan untuk warga miskin melalui program Jamkesda. Dilakukan secara menyeluruh dengan biaya ditanggung sepenuhnya oleh Pemda, termasuk satu orang pendamping pasien," ujarnya. 

Program tersebut lanjut dia, masih dibutuhkan masyarakat. Syaratnya adalah warga miskin ber-KTP dan tinggal di Siak serta belum terdaftar di BPJS Kesehatan.


Reporter: Darlis Sinatra


Tags Siak

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar