Politik

Pengamat Politik: Gubri akan Berdiri di Atas Kepentingan Seluruh Masyarakat Riau

Pengamat politik dan kebijakan publik, Saiman Pakpahan.

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pengamat politik dan kebijakan publik dari Universitas Riau, Saiman Pakpahan,  memastikan Gubernur Riau H Syamsuar akan berdiri di atas kepentingan seluruh masyarakat Riau, walaupun pucuk pimpinan di Bumi Lancang Kuning ini berasal dari wilayah pesisir. 

"Saya yakin Gubri akan memimpin Riau ini tidak secara parsial. Tidak akan ada dikotomi antara pesisir dan non pesisir. Dia (Gubri, red) akan membangun Riau secara menyeluruh dan merata," ujar Saiman dalam perbincangan dengan Riaumandiri.id, Selasa (26/11/2019) pagi. 

Bukti nyata bahwa Gubri akan membangun Riau secara menyeluruh, menurut Saiman, adalah terdapat dalam pokok-pokok pikiran yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 5 tahun. 

"Di dalam visi dan misi pak Gub, yang harus di-support oleh jajaran birokrasinya, Sekda, dan legislatif, tidak membelah Riau ini dalam kategori pesisir dan non pesisir," jelas akademisi Unri yang sedang menyelesaikan program doktoralnya ini.

Makanya, tegas Saiman, menilai rezim hari ini harus dilihat dan dibaca dari pokok-pokok pikirannya yang tertuang di dalam RPJMD 5 tahun tersebut, bukan asal menilai saja.

"Munculnya pucuk pimpinan yang kebetulan berasal dari daerah pesisir adalah akibat mekanisme pemilihan yang melibatkan banyak orang (demokrasi)," ujarnya. 

Untuk itu, tambah Saiman, karena pemerintahan terutama legislatif, baru dilantik beberapa bulan lalu, dan Gubernur pun belum genap setahun, mestinya diberikan ruang kepada mereka untuk memastikan bahwa laju pertumbuhan pembangunan di Riau berjalan merata, tidak parsial seperti yang diduga oleh beberapa pengamat.

 

Reporter: Rico Mardianto



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar