Riau

DPMPTSP Kota Pekanbaru Raih Nilai Tertinggi Predikat Layanan Prima

Wako Pekanbaru DR H Firdaus ST MT didampingi Kepala DPMPTSP Pekanbaru H Muhammad Jamil MAg MSi menerima penghargaan dari Menpan RB Tjahjo Kumolo.

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kembali menorehkan prestasi gemilang. Kali ini, organisasi perangkat daerah (OPD) yang dipimpin H Muhammad Jamil MAg MSi itu meraih Predikat Kategori Prima dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dengan nilai tertinggi A. 

Penghargaan tersebut merupakan hasil evaluasi dari Kemenpan RB tentang layanan publik yang ada di Indonesia. Tim dari Kemenpan RB sudah melakukan penilaian di Kota Pekanbaru. Hasil evaluasi pelayanan publik memperoleh nilai tertinggi, yakni A. Proses penyerahan apresiasi ini berlangsung di Hotel Aston, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (7/11/2019).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyerahkan langsung kepada Wali Kota (Wako) Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT. Turut mendampingi Wako Firdaus, yakni Kepala DPMPTSP Pekanbaru, Muhammad Jamil.

Penghargaan diserahkan kepada unit penyelenggaraan pelayan publik yang mendapat hasil evaluasi dengan predikat A yakni Pelayanan Prima, sebanyak 5 unit pelayanan publik. Yaitu, DPMPTSP Kota Pekanbaru, DPMPTSP Provinsi Riau, DPMPTSP Kota Bagor, DPMPTSP Jawa Barat dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pariaman.

Wako Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT didampingi Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru H Muhammad Jamil MAg MSi berfoto bersama kepala daerah penerima penghargaan.

Sementara 37 unit pelayanan publik mendapat predikat sangat baik. "Pemberian ini untuk memberikan motivasi kepada daerah yang secara serius mereformasi birograsinya dan mengoptimalkan layanan kepada masyarakat," ujar Menpan RB Tjahjo Kumolo.

Wako Pekanbaru mengucapkan rasa syukur usai menerima penghargaan tersebut. Menurut dia, penghargaan itu memperlihatkan upaya Pemko Pekanbaru memberi layanan publik yang prima kepada masyarakat. Satu wujudnya adalah Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru.

"Ini adalah upaya kami memberikan pelayanan prima dalam layanan publik,'' ungkap Wako Firdaus.

Dia kemudian berpesan agar DPMTSP Pekanbaru terus meningkatkan layanan bagi masyarakat. Pemko Pekanbaru juga terus berbenah untuk layanan kesehatan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Kota Pekanbaru. Begitu juga pelayanan kependudukan dan catatan sipil di Disdukcapil Pekanbaru.

"RSD Madani dan Disdukcapil harus terus berbenah dan perbaiki layanan untuk masa mendatang,'' pesan dia.

Wako Pekanbaru juga mengingatkan pesan dari Menpan RB. Salah satunya adalah jajaran pemerintah kota harus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Ini sesuai pidato Menpan RB. Sumber daya yang ada harus berbenah. Mereka yang tidak berubah untuk benahi pelayanan, silakan minggir,'' tegasnya.

Kepala DPMPTSP Pekanbaru Muhammad Jamil menyampaikan, jajarannya siap meningkatkan layanan. Ia memastikan bahwa pelayanan di MPP Pekanbaru memiliki SDM terbaik. Mereka juga menyiapkan sarana dan prasarana yang nyaman. Apalagi sistem di MPP Pekanbaru sudah terintegrasi.

"Kami berupaya untuk meningkatkan layanan prima," singkatnya. (ADV)



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar