Riau

Pemerintah Pusat Apresiasi Wako Pekanbaru Jadikan Sektor Pariwisata Prioritas Pembangunan

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mengapresiasi kinerja DR H Firdaus ST MT. Wali Kota Pekanbaru itu dinilai telah memberikan perhatian khusus menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu prioritas pembangunan di Kota Pekanbaru.

Hal itu disampaikan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo bersama Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Kawasan Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenparekraf) Anang Sutono, dan Pembina Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI), Riyanto Sofyan, saat acara Indonesia Halal Tourism Bussiness Conference. Kegiatan tersebut digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (15/11) kemarin.

Di sela acara, Wako Pekanbaru, Firdaus mengatakan, pihaknya berkomitmen meningkatkan program di bidang pariwisata. Hal itu ditandai dengan penetapan Pekanbaru sebagai Destinasi Wisata Halal di Indonesia dan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Kota Pekanbaru.

"Kita terus berkomitmen dalam memajukan sektor pariwisata ini dalam peningkatan ekonomi. Pariwisata dan ekonomi memiliki kaitan yang erat karena saling melengkapi," kata Wako Firdaus.

"Ekonomi akan tumbuh jika didorong oleh perkembangan wisata yang semakin maju, terutama bagi pelaku usaha sekitar destinasi wisata," sambung orang nomor satu di Kota Pekanbaru itu.

Bukan hanya bagi pelaku usaha kecil, kata Wako, namun juga bagi usaha kelas atas. Terlebih dengan pariwisata halal merujuk kepada penduduk kota dengan mayoritas beragama Islam.

"Hal itu menjadi sebuah pasar baru yang potensial ke depannya. Dengan berjalannya kegiatan ini, kita berharap semakin memantapkan pilar Smart Economy dalam mewujudkan Pekanbaru Smartcity Madani," imbuh Firdaus.

Turut hadir dalam acara itu Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Kota Pekanbaru, Azwan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru, Nurfaisal, Sekretaris Disbudpar, Ardiansyah Eka Putra, Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Norpendike Prakarsa dan tim Percepatan Pariwisata Halal Pekanbaru, Merzagamal.

Sehari jelang acara Indonesia Halal Tourism Bussiness Conference diadakan, Wako Firdaus telah menyatakan komitmennya mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Pekanbaru.

Hal itu disampaikannya saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) Percepatan KEK Pariwisata yang dipusatkan di Hotel Santika Premiere Slipi, Jakarta, Kamis (14/11).

Rapat diawali dengan ekpose dari PT Gaja selaku Badan Usaha Pengusul dan dilanjutkan diskusi serta arahan dari Wali Kota Pekanbaru.

Sebagai bentuk komitmen tersebut, Wako Pekanbaru langsung memerintahkan seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui Tim Percepatan KEK Pariwisata untuk membantu Badan Usaha Pengusul melakukan berbagai persiapan, baik administrasi maupun lokasi.

"Karena Pemko Pekanbaru telah berkomitmen dalam pengusulan KEK ini di Kota Pekanbaru," terang Wako saat itu.

Saat ini, sebut Firdaus, pihaknya telah memiliki perencanaan infrastruktur di areal KEK Pariwisata. Seperti jalur transportasi ring road serta jalur tol,
lahan pertanian dan tata ruang.

"Rencana yang disusun ini telah mengakomodir perkembangan kawasan untuk dapat dijadikan sebagai KEK Pariwisata. Untuk itu, saya menginstruksikan kepada seluruh jajaran OPD terkait agar dapat bersinergi untuk memantapkan seluruh persiapan yang dibutuhkan. Apalagi dalam rapat percepatan ini juga telah disusun pembagian tugas serta peta koordinasi sektor-sektor terkait," ulas Firdaus.(ADV)



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar