Riau

Jusuf Kalla Lantik Pengurus PMI Riau

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla melantik pengurus PMI Riau, Selasa (26/11/2019) di Gedung Daerah Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla resemi melantik pengurus PMI Riau, masa bakti 2019 - 2024, Selasa (26/11/2019) di Gedung Daerah Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Jusuf Kalla meminta pengurus baru PMI Riau untuk dapat melakukan yang terbaik bagi kemaslahatan masyarakat dan juga dapat mengurangi penderitaan masyarakat.

Dia menjelaskan bahwa prinsip PMI pada dasarnya adalah organisasi kemanusiaan yang bekerja untuk semua golongan, tanpa adanya sikap diskriminasi.

Pendirian PMI internasional awalnya bertujuan untuk mengurangi bencana perang. Dijelaskan JK, penderitaan bukan hanya akibat perang, tetapi akibat bencana alam, bencana kemanusiaan dan bencana lainnya.

"Berkerja di PMI adalah bekerja untuk kemanuaisaan. Berperan saat bencana tiba. Seperti di Riau pada beberapa bulan lalu dilanda bencana kebakaran hutan dan lahan, tentunya itu juga bencana yang harus ditolong. Maka dari itu, pekerjaan di PMI merupakan suatu amal bagi kita semuanya," kata JK, sapaannya.

"Dan tugas pokok PMI yaitu untuk membantu mencari orang-orang yang mau mendonorkan darah, karena sepintar-pintarnya orang, tidak akan bisa membuat darah seperti yang dimiliki manusia," kata mantan wakil presiden ini.

Sementara, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution berharap pengurus PMI Riau yang baru dilantik dapat menjalankan amanah di bidang sosial dan kemanusiaan.

"Berdasarkan norma-norma yang ada di PMI yaitu tujuh prinsip dasar gerakan PMI didukung dan saling bersinergi dengan berbagai pihak, terutama Pemerintah Provinsi Riau, maupun pemerintah kabupaten/kota se-Riau, maka kami yakin PMI Riau akan dapat melaksanakan tugas-tugas sosial kemanusiaan dengan sebaik-baiknya," kata Edy.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PMI Riau Syahril Abubakar mengucapkan terima kasih kepada PMI kabupaten/kota selaku peserta Musda yang telah memberikan kepercayaan padanya kembali terpilih jadi ketua PMI Riau.

"Mohon doa restu terutama dari bapak ketua umum agar kami beserta semua kawan-kawan di Riau ini dapat menyelenggarakan tugas-tugas kepalangmerahan secara baik," kata Syahril.

 

Reporter: Rico Mardianto


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar