Riau

Sengketa Pemilihan Penghulu Lubuk Dalam Siak Diselesaikan Melalui Rapat Musyawarah

Rapat musyawarah penyelesaian sengketa pemilihan Penghulu Kampung Lubuk Dalam di aula Kantor Penghulu.

RIAUMANDIRI.ID, SIAK - Sengketa pemilihan penghulu Kampung Lubuk Dalam Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak, Riau diselesaikan melalui rapat musyawarah tertutup di aula Kantor Penghulu Kampung Lubuk Dalam, Selasa (26/11/2019).

Rapat dihadiri Sektetaris Kecamatan Lubuk Dalam yang juga Pj Kampung Lubuk Dalam Agung Nugroho, Ketua Badan Permusyawarahan Kampung (Bapekam) Indra Masnur, Bhabinkamtibmas Nursal, saksi calon penghulu kampung nomor 3, saksi calon nomor 4, dan calon penghulu nomor urut 3, dan 4.

Rapat membahas tentang dugaan penggelembuangan suara yang mengutungkan salah satu calon yang menang dalam pemilihan penghulu Kampung Lubuk Dalam.

Usai rapat, Sekretaris Camat Lubuk Dalam yang sedang ditugaskan menjadi Pj Penghulu Lubuk Dalam Agung Sugoro menyampaikan kesimpulan sanggahan Pemilihan Kepala Kampung Lubuk Dalam. 

"Sesuai juknis yang telah diberikan oleh pihak kabupaten, bahwasannya sanggahan itu hak dari para calon, itu dijamin di dalam aturan, mereka berhak menyanggah," tegasnya.

"Dalam proses penyanggahan ini, pemerintah menyerahkan sesuai jenjang tahapan dimulai dari bawah. Adapun penyelesaian ini dilakukan dengan cara mediasi," ungkap Agung.

Dia mengatakan, mediasi bermusyawarah secara kekeluargaan dimulai dari tingkat kampung. Jika permasalahan tak kunjung selesai, maka akan dinaikkan ke tingkat kecamatan dan kabupaten. 

"Tapi alhamdulillah Kampung Lubuk Dalam hari ini telah selesai cukup sampai tingkat kampung saja," ujar Agung.

Lanjut Agung, pihak yang menyanggah sudah mencabut dan membatalkan surat sanggahannya.

"Semua sudah kompak bergabung lagi memikirkan pembangunan desa, kami mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan pers yang dari tadi siang menunggu sangat antusias melihat perkembangan situasi Kampung Lubuk Dalam yang telah memperhatikan kami," ujar Agung.

Sementara Ketua Bapekam Lubuk Dalam Indra Masnur menilai bahwa para calon penghulu telah berbesar hati menyelesaikan sengketa tanpa rusuh. 

"Yang saya ketahui mereka orang-orang bagus dan baik. Kalau orang bagus tentu Gampang komunikasinya," Kata Indra.

Dia berharap ke depannya untuk secara bersama membangun Kampung Lubuk Dalam yang lebih baik. 

Calon nomor urut 3 Syahril, meminta untuk pemilihan penghulu pada tahun-tahun yang akan datang agar dilaksanakan secara sportif.

"Tolonglah sportif, jangan ada kecurangan lagi. Kalau takut kalah, jangan mencalon. Untuk enam tahun kemudian tolong yang sportif," kata Syahril. 

"Kalau saya bakal tidak mencalon lagi. Yang saya pikirkan adalah untuk anak cucu yang akan datang. Kalau takut kalah jangan bertarung," sambungnya.

Calon Penghulu nomor urut 4 Mangantar mengajak semua pihak berbesar hati untuk Kampung Lubuk Dalam lebih baik lagi. 

"Artinya kita kalah bukan karena kita kalah tapi ingin memperbaiki Kampung kita lebih baik lagi," sebutnya. 

Dia menyebut proses pemilihan harus berasaskan kepada kejujuran dan keadilan. 

"Artinya di sini kita berharap siapa pun nanti yang dilantik menjadi penguhulu Kampung Lubuk Dalam, mari kita dukung sama-sama, itu adalah penghulu kita. Itu harapan saya," pungkas Mangantar.


Reporter: Darlis Sinatra


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar