Wisata

Nagari Pariangan, Desa Terindah di Dunia dari Sumatera Barat

Nagari Pariangan

RIAUMANDIRI.ID, PADANG - Ada satu desa yang wajib dikunjungi saat tengah traveling ke Sumatera Barat. Terletak di lereng Gunung Marapi, desa ini disebut-sebut sebagai salah satu desa terindah di dunia.

Nama desa tersebut adalah Desa Pariangan atau yang dikenal juga sebagai Nagari Pariangan. Menurut laman Travel Budget, kecantikan desa ini mampu bersanding dengan desa di luar negeri seperti desa Eze di Prancis dan desa Wengen di Swiss.

Nagari Pariangan merupakan desa yang berada di ketinggian 500-700 meter di atas permukaan laut. Desa ini tepatnya berada di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Di Nagari Pariangan, travelers bisa menemukan rumah-rumah gadang atau rumah tradisional Minangkabau yang menjadi ciri khas desa.

Selain itu, ada juga masjid tertua di desa ini yang konon sudah berdiri sejak abad ke-19 silam dan dikenal dengan nama Masjid Ishlah.

Nagari Pariangan memang merupakan desa kuno sekaligus desa tertua di daerah Minangkabau.

Dari desa ini pulalah, lahir sistem pemerintahan khas masyarakat Minangkabau yang disebut dengan nagari.

Tak cuma kaya akan sejarah dan budaya, Nagari Pariangan ini juga memiliki udara yang masih sejuk dan bersih.

Sementara, panorama pegunungan dan sawah yang membentang di sekitar Nagari Pariangan juga siap untuk memanjakan mata travelers.

Untuk mencapai Nagari Pariangan sendiri, travelers harus melalui perjalanan sekitar 95 kilometer dari Kota Padang atau 35 kilometer dari Bukittinggi.

Sejak dinobatkan menjadi salah satu desa terindah, tidak bisa dipungkiri jika Nagari Pariangan pun kian ramai oleh turis yang penasaran.

Apa Anda juga penasaran ingin mengunjungi desa terindah di dunia yang berada di Indonesia ini?




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar