Ekonomi

Lantik Kadin Riau, Ketum Ingatkan Tugas Utama Bina UMKM, Bukan Ambil Proyek APBD

Pelantikan pengurus Kadin Riau periode 2019-2024

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Eddy Ganefo resmi melantik pengurus Kadin Riau periode 2019-2024, Senin (2/12/2019) di salah satu hotel di Pekanbaru.

Dalam sambutannya Eddy menegaskan bahwa tugas utama Kadin adalah membina para pelaku UMKM. Hal ini sesuai dengan UU Nomor 1 Tahun 1987 pasal 6.

"Tugas utama Kadin adalah membina pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Jadi Kadin ini bukan untuk mengambil proyek APBD atau APBN, dan bukan untuk menakut-nakuti," kata dia. 

Menurutnya, selama ini Kadin hampir tidak pernah menjalankan tugas utamanya. Untuk itu dia meminta kepengurusan Kadin Riau periode ini menggalakkan pembinaan UMKM guna meningkatkan perekonomian. 

"Jadi mulai sekarang kita laksanakan amanat tersebut. Sudah kita bicarakan dengan Pak Kepala Dinas Perindustrian Riau, kita akan concern membina pelaku UMKM, seperti memberdayakan produk turunan dari kelapa," jelasnya. 

Dia menyebut, produk turunan kelapa bila dikelola secara inovatif maka bisa jadi produk ekspor karena ketersediaan kelapa di Riau sangat besar.

"Semua bisa kita ekspor, oleh karena itu kita menggalakkan UMKM untuk meningkatkan perekonomian. Sesuai perintah saya, bulan depan sudah ada laporan untuk pembinaan UMKM di Provinsi Riau ini," jelasnya.

"Kita usahakan untuk tidak menggerus APBD, tapi kita yang men-support Gubernur Riau dengan investasi dari kita sendiri," sebutnya.

Eddy berharap, nantinya dari hasil binaan Kadin, UMKM di Riau bisa memberikan devisa dengan produk ekspornya.

"Kita arahkan pengeloalan produk-produk untuk orientasi ekspor. Mohon bantuan Pak Gubernur, dan kami harapkan regulasi-regulasi terkait perekonomian dapat dimudahkan, terutama dalam berusaha," ujarnya.

Semetara itu Ketua Kadin Riau, Supianto mengatakan bahwa ini adalah hari bersejarah dalam bidang ekonomi di Riau. Dia menyebut bahwa tantangan untuk memajukan perekonomian hari ini sangat berat, tapi peluangnya tetap ada.

"Bukan jabatan yang kita bawa tapi tanggung jawab untuk mengubah perekonomian ke depan. Saya harap kita bersama-sama melaksanakan tugas Kadin dengan semangat dan integritas sehingga bisa berhasil," ujarnya.

 

Reporter: Rico Mardianto




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar