Riau

Tim PUPR Uji Layak Fungsi Tol Pekanbaru-Dumai Pekan Depan

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Tim Layak Fungsi dari Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan turun meninjau lokasi pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai.

Tim akan melakukan pengujian konstruksi ke seksi I jalan tol tersebut, yakni sepanjang 9,5 kilometer.

Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (HK), Muhammad Fauzan mengatakan tim ini akan melakukan serangkaian tahapan pengujian dari sisi aspek teknis jalan tol itu.

"Minggu depan tanggal 20 Desember akan dilakukan uji layak fungsi di seksi 1 yang sudah selesai," kata Muhammad Fauzan, Rabu (4/12/19).

Menurut dia, uji layak fungsi diperkirakan akan memakan waktu selama tiga hari. Apabila hasil uji ada kekurangan, maka tim akan memberikan waktu kepada PT HK untuk melakukan perbaikan.

"Jika perbaikan tidak banyak, maka kita prediksi Januari 2020 sudah diputuskan oleh Menteri PUPR bahwa seksi I sudah layak fungsi," ujarnya.

Dia menjelaskan, uji layak fungsi jalan seksi I jalan tol Pekanbaru-Dumai merupakan prosedur teknis dari tim Bina Marga Kementerian PUPR. Uji layak fungsi tersebut sekaligus menandakan bahwa pengerjaan jalan tol tersebut hampir rampung.

Adapun serangkaian pengujian yang akan dilakukan oleh tim tersebut yaitu dari aspek teknis, seperti rambu-rambu, marka jalan, rest area, ketersediaan pelayanan tol, mobil derek, dan sebagainya.

"Kemungkinan perbaikannya tak banyak karena kami sudah lengkapi. Mudah-mudahan tak ada kekurangan saat tim mengecek," kata Fauzan.

Sementara ruas lain dari total enam seksi ditargetkan pengerjaannya tuntas pada 2020 Maret mendatang.

 

Reporter: Rico Mardianto


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar