Politik

PDIP Tegaskan tak Ada 'Karpet Merah' Bagi Bobby Menantu Jokowi Daftar Cawalkot Medan

Bobby Nasution (Dok. TKN Jokowi-Ma'ruf)

RIAUMANDIRI.ID, MEDAN - Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution, mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Medan ke PDIP. Menurut PDIP, siapapun yang mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah harus mengikuti mekanisme yang ada di partai.

"Semuanya harus mengikuti mekanisme yang sudah ditentukan oleh peraturan partai," kata Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, Rabu (4/11/2019).

Dia mengatakan siapapun yang memenuhi syarat maju sebagai calon wali kota, berhak mendaftarkan diri, termasuk Bobby. Djarot menegaskan tak ada 'karpet merah' di PDIP.

"Dalam demokrasi, siapapun yang memenuhi syarat untuk dapat dipilih sebagai kepala daerah boleh mencalonkan diri, termasuk Bobby Nasution dan tidak ada yang namanya 'karpet merah' di PDI Perjuangan. Semuanya harus mengikuti proses dan mekanisme yang sudah ditentukan partai," tuturnya.

Djarot menyebut saat ini PDIP masih melakukan proses penjaringan oleh DPC dan DPD di daerah. Menurutnya, penyaringan siapa calon yang bakal diusung akan dilakukan oleh DPP partai.

"Saat ini masih masuk tahapan penjaringan calon yang dilakukan oleh DPC dan DPD partai, sedangkan penyaringannya akan dilakukan oleh DPP partai," ujar Djarot.

Selain itu, politikus PDIP Andreas Hugo Pareira mengatakan partainya memiliki aturan soal rekrutmen calon kepala daerah. Dia mengatakan belum pernah mendengar soal 'karpet merah' bagi calon-calon yang mendaftar ke PDIP.

"Di partai yang cuma peraturan partai yang menyangkut Tata Cara Rekrutmen Calon Kepala Daerah. Soal 'karpet merah' saya belum pernah dengar," ucap Andreas.

Sebelumnya, Muhammad Bobby Afif Nasution sudah mendaftar menjadi bakal cawalkot Medan ke Kantor DPD PDIP Sumatera Utara (Sumut) di Jalan Jamin Ginting, Medan. Bobby datang ditemani oleh pamannya, Erwan Nasution. PDIP merupakan partai yang pertama didatangi suami putri Jokowi, Kahiyang Ayu, tersebut. Dia sudah mengembalikan formulir.

"PDIP ini menjadi partai pertama yang saya daftar," katanya, Selasa (3/12).

Bobby mengatakan Jokowi membebaskan keluarganya mengembangkan diri. Bobby mencontohkan saat istrinya, Kahiyang Ayu, mendaftar menjadi CPNS.

"Terserah kita mau jadi apa, mau ke mana. Mau ke bisnis, mau ke birokrat, mau ke profesional. Contohnya istri saya pernah mendaftar PNS. Tidak ada intervensi dari mertua saya," kata Bobby.**
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar