Riau

Jadi Keluhan Jamaah, Pemprov Riau Benahi Akomodasi Asrama Haji

Ahmad Syah Harrofie

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau telah mengevaluasi penyelenggaraan ibadah haji di Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau 2019, terutama terkait sarana dan prasarana. Hal ini dilakukan untuk menjamin kenyamanan jamaah yang akan mengikuti ibadah haji tahun depan.

Untuk itu, Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) melakukan survei kepuasan jamaah terhadap penyelenggaraan EHA 2019. Di mana dari hasil survei tersebut, yang menjadi keluhan jamaah adalah soal air bersih dan sempitnya ruang aula.

Ketua PPIH 2019 yang juga Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie menerangkan, survei kepuasan jamaah haji tersebut dilakukan mulai dari masa kedatangan, penginapan, pemberangkatan, menyambut kepulangan di EHA Riau sampai jamaah kembali ke daerah asalnya.

"Dari hasil survei kepuasan jemaah di EHA 2019, ada satu item yang menjadi catatan yakni akomodasi menyangkut air bersih yang dinilai kurang, dan sempitnya aula kedatangan di asrama EHA," kata Ahmad Syah, Jumat (6/12/2019).

"Kalau dinilai rata-rata nilainya hanya 67 persen. Untuk komponen lainnya seperti dokumen, keamanan, kebersihan, ibadah dan bimbingan itu nilainya di atas 80 persen. Jadi yang akomodasi masih di bawah 70 persen," sambungnya.

Menyikapi keluhan jamaah terkait air bersih dan ruang aula tersebut, kata dia, Pemprov Riau sudah memasukkannya di APBD 2020 untuk perbaikan.

"Untuk perbaikan dan kelengkapan asrama EHA Riau itu sudah masuk di Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Riau APBD 2020," ujarnya.

Reporter: Rico Mardianto


 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar