Pendidikan

Unilak dan Pemkab Kampar Sepakat Majukan Pendidikan dan Masyarakat

Rektor Unilak Dr Junaidi (kanan) foto bersama Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto usai penandatanganan MoU.

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU – Universitas Lancang Kuning bersama Pemerintah Kabupaten Kampar bersepakat memajukan pendidikan dan masyarakat dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Kesepakatan diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Unilak Dr Junaidi dengan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto di Balai Bupati Bangkinang, Jumat (6/12 2019).

Tidak hanya dengan Unilak, pada kesempatan yang sama Pemkab Kampar juga meneken nota kesepahaman dengan UIR, PT PLN (Persero) serta penyerahan pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (TSP) program kemitraan dan bina lingkungan dari PTP Nusantara V.

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto mengatakan, dari nota kesepahaman ini diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia utamanya di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Saat ini Pemkab Kampar sedang giat-giatnya membangun khususnya merealisasikan Visi 3i (Infrastruktur, investasi dan industri). Berbagai kegiatan pembangunan kini sedang dan akan dilaksanakan. Ia mengimbau semua pihak dapat mensukseskan seluruh agenda pembangunan pemerintah daerah.

”Secara khusus saya menyampaikan terima kasih kepada PTPN V telah melepaskan 2.800 hektare lahannya untuk masyarakat Sinama Nenek. Kemudian menyerahkan bantuan CSR kepada warga. Saya dengar juga akan membantu satu unit bus buat anak-anak sekolah dasar,” kata Catur Sugeng yang juga alumni Unilak.

Kerja sama dengan Unilak, UIR dan PT PLN, menurut Catur Sugeng, sangat penting dan strategis dalam meningkatkan sumberdaya manusia. Ia mempersilahkan tim teknik dari perguruan tinggi dan OPD menindaklanjuti kerja sama tersebut sesuai bidang.

Rektor Unilak Dr Junaidi usai MoU menyambut gembira. Dikatakannya, Unilak berterima kasih kepada Bupati kampar yang menjadi mitra dalam pengembangan perguruan tinggi.

"Seiring dengan penandatanganan MoU ini dalam tiga hari ini Unilak juga melakukan inovasi desa di Desa Kuapan, Kecamatan Tambang. Selain itu sebenarnya sudah banyak kegiatan mahasiswa dan fakultas di Unilak yang telah dilakukan di Kabupaten Kampar, contohnya di daerah Tapung kegiatan KKSBM, kemudian kegiatan LPPM di Siak Hulu, pengabdian mahasiswa di Desa Tanjung Belit Kampar Kiri Hulu, dan lain-lain," ujar Rektor Unilak yang didampingi Kepala Bidang Kerja Sama Dr Bagyo Kadaryanto.

Ditambahkan Rektor, itu semua adalah upaya Unilak untuk terus berperan dalam memajukan masyarakat khususnya Kampar.

"Artinya Unilak telah melakukan dan siap untuk bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kampar," pungkas dia.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar