Riau

Buka Kegiatan Sosialisasi Germas Meranti, Asisten III Ajak Masyarakat Budayakan Hidup Sehat

RIAUMANDIRI.ID, SELATPANJANG - Asisten III Setdakab Meranti H Rosdaner SPd MSi menghadiri sekaligus membuka secara resmi acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang ditaja oleh Puskesmas Selatpanjang. Kegiatan dalam rangka menyosialisasikan kepada masyarakat mengembangkan pola hidup sehat itu dipusatkan di Jalan Pramuka, Selatpanjang, Ahad (8/12/2019) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua IDI Meranti dr Joko Nugroho, Ketua MUI Meranti H Mustafa, Lurah Selatpanjang Robert, serta Ketua KONI Meranti Bang Bocang, Perwakilan Dinas Kesehatan Meranti. 

Kegiatan diawali dengan senam masal yang diikuti oleh ratusan masyarakat. Meski sempat diguyur hujan namun antusias masyarakat untuk mengikuti kegiatan itu sangat luar biasa. 

Dalam sambutannya Rosdaner menyebut sosialisasi Germas sangat penting dalam rangka membudayakan masyarakat untuk mengambangkan prilaku hidup sehat. 

Ia berharap melalui kegiatan itu akan semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjalankan Gerakan Hidup Sehat yang meliputi memelihara kesehatan baik diri maupun lingkungan. Dan yang tak kalah penting mengonsumsi makanan bergizi dan sehat. 

"Ini adalah salah satu upaya promotif dan preventif efektif dalam membudayakan prilaku hidup ditengah masyarakat semoga jumlah masyarakat yang sakit di Meranti akibat pola hidup tak sehat dapat ditekan," harapnya.

Dalam kegiatan ini, Dinas Kesehatan Provinsi Riau juga mengadakan pemeriksaan kesehatan secara gratis meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, konsultasi gizi, kolesterol. Selain itu juga panitia menyediakan sajian berbagai makanan sehat untuk dinikmati masyarakat.

Terlihat masyarakat tampak antusias untuk memeriksakan kesehatannya di stand yang sudah disediakan oleh pihak Dinas Kesehatan tersebut.

Untuk informasi, tujuan Germas yang menjadi program Pusat hingga ke daerah adalah untuk menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. 

Germas memiliki prinsip yaitu kerjasama multisektor, keseimbangan masyarakat, keluarga dan individu, pemberdayaan masyarakat. (***).


Reporter: Tengku Harzuin
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar