Nasional

Ketua KPK Pamer Hasil Pencegahan Korupsi Rp63 Triliun di Depan Wakil Presiden

Ketua KPK Agus Rahardjo (Foto: Ari Saputra-detikcom)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA - Ketua KPK Agus Rahardjo memamerkan prestasi KPK dalam bidang pencegahan korupsi. Agus mengklaim KPK berhasil menyelamatkan Rp63,9 triliun.

"Kami ingin laporkan hasil pencegahan. Kami ingin sampaikan bahwa dari laporan yang kami dapat paling tidak potensi kerugian negara yang bisa dihemat Rp63,9 triliun," kata Agus dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Harkordia) 2019 yang dihadiri Wapres Ma'ruf Amin di KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

Dia menjelaskan asal duit yang berhasil diselamatkan itu. Antara lain, monitoring penyelenggaraan negara, supervisi penyelamantan aset hingga penyelamatan uang negara dari gratifikasi.

"Itu dari monitoring penyelengaraan negara merupakan kajian-kajian Rp34,7 triliun, koordinasi dan supervisi dalam bentuk penyelamatan aset sebesar Rp29 triliun, penyelamatan keuangan negara dari gratifikasi barang dan uang Rp159 miliar," ucapnya.

Selain itu, Agus mengatakan selama 4 tahun masa tugas Pimpinan KPK 2015-2019 indeks persepsi korupsi (IPK) Indonesia bisa meningkat. Pada tahun 2019 ini, IPK Indonesia di angka 38.

"Dalam perjalanan kami di KPK selama 4 tahun. Alhamdulilah walaupun naiknya pelan-pelan namun trennya positif membaik, terakhir 38. Kita masih tunggu di akhir tahun ini, kita berharap trennya naik dan kita bisa dipertahankan," sebut Agus.

Dia berharap semua institusi pusat dan daerah semakin meningkatkan koordinasi dalam memperkuat pemberantasan korupsi. Menurutnya, pemberantasan korupsi bukan hanya tanggung jawab Presiden dan KPK namun seluruh pihak.

"Bukan hanya Presiden dan KPK, sebagai panglima antikorupsi ini kemudian secara bersama-sama untuk memperbaiki kelemahan yang ada. Kami berharap di tahun mendatang koordinasinya lebih baik," ucapnya.**
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar