Riau

Sekda Riau: Sistem Pengawasan Penting untuk Tekan Penyimpangan

Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana Jaya

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Yan Prana Jaya mengatakan, sistem pengawasan adalah aspek penting dalam penyelenggaran pemerintahan agar tujuan dapat tercapai.

"Sebagaimana diketahui bawah fungsi pengawasan amat penting dalam sistem manajemen termasuk dalam organisasi pemerintahan. Oleh karena itu, unsur pengawasan perlu mendapat porsi yang proporsional," ujar Sekda dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah tahun 2019 yang dihadiri perwakilan BPK Provinsi Riau, kepala OPD, serta pejabat daerah se-Provinsi Riau, di salah satu hotel Pekanbaru, Selasa (10/12/2019).

Lemahnya sistem pengawasan, ujar dia, dapat menyebabkan timbulnya peluang persoalan perilaku menyimpang atau melakukan kecurangan di kalangan penyelenggara pemerintahan. 

Dia mengatakan, salah satu indikator keberhasilan pengawasan adalah adanya tindak lanjut terhadap hasil pengawasan tersebut dengan cepat, tepat, dan berkualitas.

"Untuk itu, ke depannya, agar dapat lebih memerhatikan setiap program kegiatan, berhati- hati dan lebih bertanggung jawab atas tugas pekerjaan guna mengurangi terulang kembali temuan dan kelemahan pada masa-masa mendatang," ujar dia.

Pada kesempatan itu, sekaligus diserahkan penghargaan atas komitmen penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan Inspektorat daerah se-Provinsi Riau. Di mana terbaik 1 diperoleh Kota Dumai, terbaik 2 Kabupaten Siak, dan terbaik 3 Rokan Hulu.

Sedangkan penerima penghargaan atas komitmen penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan Inspektorat Provinsi Riau tingkat OPD Provinsi Riau, terbaik 1 Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DPPA), terbaik 2 Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dan terbaik 3 Rumah Sakit Jiwa Tampan.


Reporter: Rico Mardianto



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar