Riau

PLTA Koto Panjang Buka 5 Pintu Pelimpah dengan Ketinggian 80 Cm

5 pintu pelimpah yang dibuka oleh pengelola PLTA Koto Panjang.

RIAUMANDIRI.ID, BANGKINANG - Pengelola Manajeman PLTA Koto Panjang kembali membuka pintu pelimpah (spillway gate) dan menambah tinggi bukaan pintu secara bertahap, pada Selasa (10/12/2019) kemarin.

Plt. Manager PLTA Koto Panjang Cecep Sofhan Munwar memaparkan pembukaan pintu secara bertahap dilakukan setelah pihaknya melakukan analisis dari pembukaan 3 pintu dengan ketinggian 30 cm, Senin (9/12/2019) sore.

"Dari hasil analisa pembukaan 3 pintu kemarin, debit yang keluar sekitar 150, tapi debit air yang masuk kurun waktu tadi malam sekitar 2000 m3/s. Kalau kita pertahankan enggak akan kuat waduk kita, makanya kita tambah pagi ini sekitar pukul 10 pagi ini, kita buka 2 pintu lagi. Jadi total 5 pintu dengan tinggi bukaan 60 cm. Dilanjutkan sore sekitar pukul 15.00 wib kita akan tambah lagi tinggi bukaan pintu menjadi 80 cm," papar Cecep saat ditemui di Waduk PLTA Koto Panjang.

Ia juga menjelaskan pembukaan pintu pelimpah waduk PLTA berdasarkan jumlah air yang masuk (inflow). Jika jumlah air yang masuk tetap tinggi, maka bisa saja hari hari ini, Rabu (11/12/2019) kembali dilakukan penambahan ketinggian bukaan pintu.

"Di sisi hulu sudah tidak banjir lagi, seperti di hari Sabtu dan Minggu, namun kita tetap mengimbau masyarakat tetap waspada, karena penambahan tinggi bukaan pintu tergantung jumlah air yang masuk," bebernya. 

Hingga sore ini, sekitar pukul 16.00 WIB, kondisi elevasi waduk sebesar 83.68 mdpl, inflow 1.239 m3/s.


Reporter: Ari Amrizal


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar