Pendidikan

Terpilih Melalui Musyawarah Mufakat, Inilah Tiga Wakil Rektor Unilak yang Baru

Dari kiri ke kanan: Wakil Rektor I terpilih Zam Zami, Rektor Unilak Junaidi, Wakil Rektor II terpilih Hardi, dan Wakil Rektor III terpilih Bagio Kadaryanto, berfoto usai Salat Ashar di Masjid Al Fatah Unilak.

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pasca dilantiknya Dr Junaidi, SS, MHum sebagai Rektor Universitas Lancang Kuning Masa Bakti 2019-2023, Senat Universitas Lancang Kuning melaksanakan agenda pemilihan wakil rektor I, II dan III,  Rabu (11/12/2019) di aula Gedung Rektorat. 

Turut hadir dua guru besar Universitas Lancang Kuning (Unilak), Prof Dr Sudi Fahmi, SH, MH, dan Prof Dr Ir Syafrani serta hampir seluruh anggota senat Unilak.

Di awal rapat, Rektor Unilak Dr Junaidi, yang juga ketua senat, menyampaikan tentang beberapa hal kepada senat, seperti tentang perkembangan Universitas, pembukaan prodi, dan pemilihan wakil rektor.

Sebelum masuk ke agenda utama pemilihan wakil rektor, para calon diperkenalkan dan melakukan presentasi di depan senat. Ada empat calon wakil rektor, yakni, Zam Zami, SKom, MKom, Hardi, SE, MM, Ahmad Zamhuri, SKom, MKom dan Dr Bagio Kadaryanto, SH, MH.

Setiap calon diberi waktu selamat 10 menit untuk menyampaikan paparan. Setelah pemaparan, para anggota senat memberikan respon yang baik terhadap para calon. Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan
pemilihan tidak dilakukan dengan pemungutan suara, melainkan musyawarah mufakat. Senat setuju, dengan  memberikan pertimbangan wakil rektor yang dipilih untuk diteruskan ke Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji.

Ketiga calon yang terpilih yakni, Zam Zami, SKom, MKom sebagai Wakil Rektor I Unilak. Zam Zami sebelumnya menjabat Wakil Dekan I Fasilkom. Kemudian, sebagai Wakil Rektor II Hardi, SE, MM sebelumnya menjabat Kepala P2K2. Sedangkan yang terpilih menjadi Wakil Rektor III adalah Dr Bagio Kadaryanto, SH, MH yang saat ini menjabat Kepala Kerjasama Unilak.

Rektor Unilak Dr Junaidi, yang ditemui usai pemilihan mengungkapkan rasa syukur atas terlaksananya pemilihan wakil rektor yang berlangsung lancar dan tanpa kendala, apalagi dilakukan dengan musyawarah mufakat.

"Musyawarah mufakat dalam pemilihan wakil rektor sudah menjadi tradisi di lingkungan Unilak. Ini tentunya menjadi nilai positif yang terus dipertahankan oleh Unilak. Ke depan wakil rektor dapat bekerja dan mampu mempercepat Unilak unggul," ujarnya.

Usai terpilih, Wakil Rektor I Zam Zami mengatakan, "Alhamdulillah, kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, dan terima kasih atas dukungan senat Unilak kepada saya sebagai Wakil Rektor I pada periode ini".

"Mudah-mudahan amanah yang diberikan senat bisa kita kerjakan dan selalu di bawah lindungan Allah untuk dapat membantu Rektor Unilak. Tujuan dan visi misa kita adalah sesuai dengan visi misi rektor untuk mempercepat Unilak unggul," sebut Zam Zami.

Di tempat yang sama Wakil Rektor II  terpilih, Hardi menyebutkan, ke depannya ia menjalankan visi misi Rektor, membantu Rektor, dan bersinergi untuk mewujudkan Unilak unggul 2030. Di dalam dunia pendidikan tentu ada tri darma perguruan tinggi, khususnya di bagian keuangan akan banyak tentang penggunaan anggaran lebih efektif dan efisien.

Hal senada juga disampaikan Wakil Rektor III terpilih Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr Bagio Kadaryanto.

"Terima kasih kepada senat Unilak yang telah memutuskan saya secara mufakat sebagai Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama. Pak Rektor memiliki visi misi bahwa ke depan Unilak harus meningkatkan kompetensi mahasiswa, dan kegiatan mahasiswa ke depan harus berbasis perencanaan. Jadi bisa terukur dan tertata. Dan saya siap untuk mewujudkan Unilak Unggul 2030," ujar Bagio.

Di akhir acara, Rektor dan senat kemudian memberi ucapan selamat kepada para wakil rektor terpilih.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar