Elevasi Waduk Semakin Tinggi

PLTA Kotopanjang Kembali Buka 5 Spilway Gate Jadi 120 Cm

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pihak PLTA Koto Panjang, Riau kembali membuka pintu pelimpahan (spilway gate) waduk PLTA Kabupaten Kampar. Setelah sebelumnya membuka 5 pintu x 100 Cm saat ini ditambah ketinggian 20 cm, dan menjadi 5x120. 

Humas PLN Wilayah Riau Kepri Fendi Nusantoro mengatakan, penambahan dua spilway waduk PLTA Koto Panjang ini, setelah melihat kondisi elevasi waduk PLTA yang masih tinggi, dikarenakan masih tingginya curah hujan, baik di wilayah Sumatra Barat maupun di Riau. Dan sebelumnya sudah di buka 5 pintu namun waduk masih tinggi. 

“Dengan masih tingginya elevasi waduk, dan belum normalnya beberapa aliran sungai di sisi hulu, maka adilakukan penambahan pembukaan pintu air di jam 11.00 WIB, sebanyak 20 cm. Jadi total pembukaan 5x120 cm,” ujar Fendi, Kamis (12/12).

Dijelaskan Fendi, dengan dibukanya menyebabkan tinggi air Sungai Kampar, diperkirakan akan naik 30 sampai 50 Cm. Dan surat edaran pembukaan spilway telah disampaikan ke pemerintah setempat, dan juga masyarakat. 

“Kita sudah memberitahukan bahwa akan dibuka spilway waduk PLTA Koto Panjang, akan dibuka pintu setinggi 20 Cm. Tentu dengan dibukanya waduk ini akan berdampak naiknya elevasi air sungai Kampar, 30 sampai 50 cm. Masyarakat diharapkan waspada dengan dibukanya kembali 5 pintu waduk PLTA,” jelas Fendi. 

Sebelumnya diberitakan, curah hujan tinggi yang terjadi di wilayah Riau dan Sumatra Barat dalam beberapa minggu ini, menyebabkan waduk PLTA Koto Panjang, yang berada di Kabupaten Kampar, meluap. Dan memaksa pihak PLTA membuka 5 pintu pelimpahan (spilway gate) waduk PLTA Koto Panjang, setinggi 30 Cm, mulai Senin (9/12) pukul 15.00 WIB lalu. Dan kini pihak PLTA menambah 2 pintu menjadi 5 pintu.**

 

Reporter: Nurmadi


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar