Ekonomi

Kaesang Ambil Alih Gurita Bisnis Gibran yang Terjun ke Dunia Politik

Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka resmi maju pada pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo 2020. Gibran ikut bertarung dalam pilwalkot Solo lewat DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah.

Nah, selama sibuk di dunia politik, siapa yang akan mengurus sederet bisnis Gibran? Sang adik, Kaesang Pangarep pernah mengatakan akan melanjutkan bisnis Gibran tersebut.

Gibran telah menyerahkan gurita bisnisnya kepada Kaesang sejak memilih terjun ke politik.

"Belum mau terjun, karena kan kakak saya baru terjun. Masuk politik kan ada prosesnya. Bisnis kakak saya diserahkan ke saya yang ambil alih semua sejak masuk politik," tutur Kaesang di Ecovention Ancol, Jakarta pada Minggu (10/11/2019).

Selain itu Kaesang juga pernah menyatakan tidak akan mengikuti jejak sang kakak terjun ke dunia politik. Dia lebih memilih mengurus bisnis sekaligus menyiapkan ekspansi.

"Saya bisnis saja, yang nyalon (Pilwali Solo) biar Kakak saja," ucap Kaesang saat keluar dari ruang Bupati Ngawi, Selasa (26/11/2019).

Yang jelas, bisnis Gibran yang mesti diurus Kaesang lumayan banyak. Gurita bisnis Gibran antara lain katering Chili Pari, yang dirintis sejak 2010.

Kemudian, Kafe Markobar. Kafe yang menjual aneka martabak itu kini menjamur di berbagai kota di tanah air. Ada juga reparasi produk kenamaan Apple dengan bendera bisnis Icolor.

Lalu ada bisnis online jas hujan dengan merek Tugas Negara Bos, bisnis restoran Mangkok Ku. Produk makanan dan minuman ringan dengan merek Siap Mas, dan juga startup kuliner bernama Goola. Goola punya produk minuman tradisional khas Indonesia seperti Es Doger yang dikemas lebih modern. 

Startup tersebut mendapat suntikan modal senilai US$ 5 juta atau setara Rp 71 miliar dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures. Berbekal suntikann modal dari Alpha JWC Ventures, Gibran berencana menjadi market leader di Indonesia dengan gerai di kota-kota besar dan kecil, serta memulai ekspansi ke negara-negara Asia Tenggara tahun depan.


Tags Ekonomi

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar