Riau

Pemprov Riau Tetapkan Status Siaga Karhutla Januari 2020

Gubernur Riau Syamsuar

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau telah merencanakan penetapan status siaga darurat Kebakaran hutan dan lahan pada Januari 2020 mendatang.

Hal ini berdasarkan berbagai pertimbangan, terutama mengacu pada informasi prakiraan cuaca BMKG Stasiun Pekanbaru, yang memprediksi musim kemarau akan berlangsung pada Februari hingga Maret tahun depan. 

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, penetapan status darurat ini dipercepat guna mengantisipasi sejak dini kasus karhutla. Ini berbeda dengan tahun 2019, di mana status siaga karhutla baru ditetapkan pada Januari.

"Januari sudah kita tetapkan status siaga darurat Karhutla 2020 untuk antisipasi kebakaran pada Februari dan Maret," kata Gubernur Riau Syamsuar, Kamis(12/12/2019).

Dia menjelaskan, dari data BMKG, Provinsi Riau dan Aceh diprediksi mengalami dua kali musim kemarau, yakni pada kurun Februari-Maret dan Juni, Juli, Agustus. Sedangkan musim hujan diprediksi berlangsung pada April hingga Mei.

"Bagaimana pun ini baru perkiraan, bisa iya atau tidak. Namun begitu, kita harus antisipasi sejak dini," sebut mantan bupati Siak ini.


Reporter: Rico Mardianto 



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar