Riau

Kasus HIV/AIDS di Riau Cenderung Meningkat

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, kasus HIV/AIDS di Riau cenderung mengalami peningkatan setiap tahun.

"Data dari tahun 2005 hingga September 2019 tercatat 5.956 kasus HIV. Sedangkan data dari 1997 hingga September 2019 terdeteksi sebanyak 2.607 kasus AIDS. Ini menunjukkan kasus HIV/AIDS cenderung meningkat tiap tahun," kata Mimi, Kamis (12/12/2019) di Pekanbaru.

Dia menjelaskan, ada lima kabupaten/kota di Riau dengan jumlah kasus HIV tertinggi, yakni Kota Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Kabupaten Pelalawan, dan Kabupaten Indragiri Hilir.

Sedangkan lima daerah dengan jumlah AIDS tertinggi yaitu Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Pelalawan, dan Kabupaten Rokan Hilir.

Adapun karakteristik temuan kasus HIV/AIDS di Riau sudah mengarah kepada populasi umum. Temuan kasus pada ibu rumah tangga menduduki peringkat 3 terbesar. Sedangkan berdasarkan penglompokan usia, temuan kasus HIV terbesar banyak ditemukan pada kelompok umur 25-45 tahun.

Melihat tingginya kasus tersebut di Provinsi Riau, Mimi berpesan kepada masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat demi mencegah dan mengendalikan penularan HIV/AIDS.


Reporter: Rico Mardianto


Tags Kesehatan

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar