Tips & Kesehatan

Mengenal Kanker Ginjal yang Diidap Vidi Aldiano

Vidi Aldiano menjalani operasi terkait kanker ginjal yang diidapnya (Foto: Asep Syaifullah)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA - Penyanyi Vidi Aldiano belum lama mengungkapkan bahwa dirinya mengidap penyakit kanker ginjal. Melalui unggahan Instagram pribadinya, dirinya baru mengetahuinya sejak satu minggu yang lalu. Dan disebut bahwa kanker yang diidapnya sudah memasuki stadium 3.

"Minggu lalu gue baru dapet kabar bahwa gue punya cancer di ginjal gue, tepatnya di ginjal kiri gue," ucapnya dalam akun Instagram pribadinya.

Menurut dokter onkologi dan radiologi di Siloam TB Simatupang, dr Denny Handoyo Kirana, SpOnk,Rad, kanker ginjal ini biasanya disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat. Selain itu, kondisi ini juga bisa terbentuk dari lanjutan penyakit lain seperti infeksi saluran kemih, infeksi ginjal kronis, bahkan kista.

"Selain itu, bisa juga berhubungan dengan perokok aktif ataupun pasif, lalu konsumsi obat-obatan yang sering dan dalam jumlah yang besar. Contohnya seperti, obat nyeri, penahan sakit, demam, bahkan jamu-jamuan," jelasnya pada detikcom, Jumat (13/12/19).

dr Denny mengatakan, penyakit ini sering diketahui jika keadaannya sudah memburuk. Ini terjadi karena gejala awalnya sering sekali tidak disadari atau mungkin terabaikan.

"Jadi kalau rasa pegalnya nggak tuntas sampai berbulan-bulan, buang air kecilnya 'anyang-anyangan', air seninya berubah warna itu sudah jadi tanda awalnya dan harus segera diperiksakan. Jangan cuma dianggap karena kurang minum air putih atau kecapean," kata dr Denny.

Sebagai penangannya, dr Denny menegaskan tindakan utamanya adalah operasi. Jika sudah tuntas bisa dipastikan pasien itu sembuh. Tapi, kalau tumor yang ada di ginjal itu ternyata kanker ganas, setelah operasi perlu ada kemoterapi dan radiasi untuk menghancurkan sel-sel kanker yang tersisa.

"Karena itu, mulailah untuk menghindarinya dengan perbanyak minum air putih, hindari minuman yang berwarna terlalu pekat seperti teh, soda, kopi, yang menggunakan pemanis buatan, jamu, bahkan alkohol. Coba juga untuk hidup lebih sehat dengan berhenti merokok dan mengkonsumsi makanan yang sehat," ujarnya.**
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar