Politik

Kalah Survei dari Purnomo, Gibran: Nggak Apa, Masih Awal Banget

Momen Gibran Orasi dan Daftar ke DPD PDIP Jateng. Foto: pool

RIAUMANDIRI.ID, SOLO - Gibran Rakabuming Raka mengaku tak masalah dengan hasil survei Median yang menunjukkan elektabilitasnya di bawah rivalnya, Achmad Purnomo. Menurutnya, angka di survei itu sudah lumayan.

"Ya nggak apa-apa. Masih awal banget. Artinya saya harus lebih bekerja keras lagi. Baru mulai, baru mendaftar, tidak apa-apa. Modalnya sudah lumayan to," kata Gibran kepada wartawan usai mengambil rapor di sekolah anaknya, Jan Ethes, Manahan, Solo, Selasa (17/12/2019).

Gibran juga mengungkap tim internalnya sudah menggelar survei setiap bulan.

"Ada (survei internal)," imbuhnya.

Diwawancara terpisah, Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto menilai hasil survei tersebut wajar. Sebab, Purnomo yang menjabat sebagai wakil wali kota itu sudah dikenal warga Solo.

"Di mana-mana survei bersifat dinamis, kalau Mas Gibran melebihi Pak Purnomo itu baru pertanyaan. (Survei Median) itu benerlah, karena Pak Purnomo sudah kerja di situ cukup lama. Sudah dikenal, jadi wajar," kata Bambang di kompleks gedung MPR/DPR, Jakarta, Selasa (17/12).

Diberitakan sebelumnya, Median merilis popularitas Achmad Purnomo berada di urutan teratas dengan angka 94,5 persen. Posisi kedua ditempati Gibran Rakabuming dengan angka 82,3 persen dan Teguh Prakosa dengan angka 50 persen.

Median juga membuat survei elektabilitas dengan metode pertanyaan tertutup. Hasilnya, Achmad Purnomo 45,0 persen, Gibran Rakabuming 24,5 persen, Budi Prasetyo 7,3 persen.

Survei ini melibatkan 800 responden dengan margin of error +/- 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi kecamatan dan gender. Survei ini dilakukan pada 3 Desember-9 Desember yang lalu.**
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar