Riau

Pembangunan Jalan Jadi Prioritas Pemprov Riau di 2021

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Yan Prana Jaya

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan, kesehatan, dan pendidikan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Yan Prana Jaya mengatakan, perencanaan pembangunan tahun 2021 ini merupakan tahun kedua Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024.

Dia menyebut, salah satu prioritas pembangunan adalah infrastruktur jalan, di mana kondisi jalan provinsi yang berkondisi baik baru sekitar 51 persen. 

"Seperti yang dilakukan Pak Jokowi, kalau kita bangun infrastruktur jalan, maka akan meningkatkan ekonomi masyarakat, bisa memperlancar akses menuju sekolah dan rumah sakit. Kalau jalan rusak dan berlumpur atau banjir bagaimana anak mau ke sekolah, dan bagaimana masyarakat mau membawa hasil kebunnya kalau jalan jelek," ujarnya usai menghadiri rapat persiapan penyusunan RKPD dan Renja tahun 2021 di Gedung Bappeda Provinsi Riau, Selasa (17/12).

Selain itu, arah kebijakan pembangunan Riau adalah pengembangan industri, pertanian, pariwisata, dan mendorong perdagangan dan jasa untuk meningkatkan daya saing ekonomi.

"Sejalan dengan visi Gubernur Riau tahun 2019-2024 yaitu terwujudnya Riau yang berdaya saing, sejahtera, bermartabat dan unggul di Indonesia," ujar dia.

Dia menambahkan, Pemprov Riau juga akan mewujudkan pembangunan infrastruktur daerah yang merata dan berwawasan lingkungan, mewujudkan pembangunan ekonomi yang inklusif, mandiri dan berdaya saing.

"Dan juga mewujudkan budaya melayu sebagai payung negeri dan pengembangan pariwisata berdaya saing. Selain itu juga mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik dan pelayanan publik yang prima berbasis teknologi informasi," terangnya.


Reporter: Rico Marianto
 



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar