Olahraga

Di Timnas, Bambang Pamungkas Lebih Tajam Ketimbang Bale

Laga perpisahan Bambang Pamungkas di Persija Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

RIAUMANDIRI.ID, Jakarta, CNN Indonesia - Ketajaman Bambang Pamungkas di level tim nasional tercatat lebih banyak ketimbang pemain-pemain top dunia termasuk bintang Wales dan Real Madrid, Gareth Bale.

Bepe sudah mencetak 38 gol dari 86 kali membela Timnas Indonesia di berbagai ajang sejak 1999 hingga 2012.

Jumlah gol Bepe di pentas internasional tercatat melampaui pemain-pemain kaliber dunia, baik yang masih bermain atau sudah pensiun, macam Radamel Falcao (34 gol dari 89 caps), dan Gareth Bale (33 gol dari 83 caps).

Bepe mencetak gol debut di Timnas Indonesia pada 1999, tepatnya dalam laga persahabatan melawan Lithuania.

Setelah gol tersebut, Bepe mulai rutin mencetak gol untuk Timnas Indonesia. Gawang timnas negara ASEAN menjadi sasaran utama Bepe karena skuat Garuda kerap bertemu negara-negara tetangga di berbagai ajang, seperti SEA Games, Piala AFF, maupun kualifikasi Piala Asia.

Kamboja menjadi negara yang paling sering dibobol Bepe. Sembilan gol dijaringkan Bepe ke gawang Kamboja dalam ajang kualifikasi Piala Asia, Piala AFF, dan Piala Kemerdekaan.

Selain mencetak gol ke gawang negara tetangga, Bepe juga pernah menyarangkan gol ke gawang timnas lain yang memiliki ranking lebih tinggi ketimbang tim Merah Putih seperti Bahrain, Kuwait, dan Iran.

Mayoritas gol Bepe dibukukan dalam laga kandang Timnas Indonesia. Hanya delapan gol dibukukan Bepe di luar negeri, mulai dari Estonia, Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia, Yordania, dan Kuwait.

Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi tempat favorit Bepe mencetak gol. Mantan kapten Timnas Indonesia itu 24 kali melesakkan gol di stadion yang kini juga menjadi kandang Persija, klub yang dibela Bepe.

Bepe paling sering mencetak gol untuk Timnas Indonesia di ajang Piala AFF dan laga uji tanding. Tercatat 12 kali Bepe membuat gol di kejuaraan antarnegara ASEAN dan partai persahabatan.

Gol terakhir Bepe dilesakkan ke gawang Timor Leste pada pertengahan November 2012. Sementara kali terakhir Bepe membela Timnas Indonesia tercatat pada Piala AFF yang berlangsung pada November-Desember 2012.** 
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar