Nasional

Pemerintah Sedang Siapkan Konsep Pendidikan Pancasila Buat ASN

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. (Republika/Fauziah Mursid)

RIAUMANDIRI.ID JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan akan membuat konsep pendidikan awal pancasila bagi para calon Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun ASN yang ingin naik jenjang atau jabatan. Nantinya dalam konsep tersebut mereka akan diberikan penanaman nilai-nilai pancasila.

"Ya sedang dirumuskan bersama Badan Kepagawaian Negara (BKN), Lembaga Administrasi Negara (LAN), Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Rencananya pada Februari 2020 konsep tersebut akan selesai. Ya untuk seperti apa nantinya tunggu juklak (petunjuk pelaksanaan) nya saja," katanya saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (18/12).

ASN, kata ia, nantinya tidak hanya mengerti tentang birokrasi saja. Tetapi ASN harus memahami empat hal penting yaitu membumikan pancasila, radikalisme, terorisme, bahaya narkoba, serta memahami area rawan korupsi.

Tjahjo menegaskan setiap ASN penting menanamkan nilai-nilai Pancasila dipikiran dan tindakan. Kalau pikirannya sudah ada dasar pancasila. Maka, nanti dalam mengambil keputusan apapun mereka mampu mengamalkan nilai-nilai pancasila.

"Kalau model pendidikannya seperti apa. Ya tunggu saja. Pokoknya pemahaman tentang bahaya terorisme, radikalisme dan bahaya narkoba serta pemahaman tentang area rawan korupsi yang harus dipahami dalam pikiran dan tindakan ASN. Ini untuk calon ASN maupun ASN yang akan naik jenjang kepangkatan/ jabatan," kata dia.**
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar