Nasional

Jokowi Bicara Pencegahan Banjir DKI, Pemprov: Nggak Pakai Disuruh Sudah Kita Kerjakan

Banjir Jakarta melumpuhkan Bundaran HI, 17 Januari 2013, saat Jokowi masih menjabat Gubernur DKI bersama wakilnya Ahok

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mengaku sudah menjalankan saran dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membersihkan got dan waduk untuk mencegah banjir. Saran itu disebut sudah dijalankan sebelum diminta oleh presiden.

"Sudah dari bulan Juni. Belum disuruh kita sudah kerjakan duluan. Nggak pakai disuruh," ucap Kepala Dinas SDA, Juaini Yusuf, saat dihubungi, Rabu (18/12/2019). 

Juaini menyebut, DKI sudah siap menghadapi puncak musim hujan di Januari 2020. Petugas hingga pompa sudah disiagakan di lokasi-lokasi rawan banjir. 

"Semua personel yang ada di SDA siap jaga dari kemarin-kemarin. Petugas pompa mobil sama satgas-satgas yang ada di 5 wilayah semuanya sudah standby. Pengerukan sudah jalan terus dan memang sudah rutin mereka, satgas," kata Juaini. 

Menurut Juaini, pengerukan memang dilakukan sebelum musim hujan datang. Bahkan, menjadi tugas rutin dari Dinas SDA.

"Jadi nggak harus menunggu musim hujan baru dikeruk, nggak. Sebelum-sebelumnya udah dikeruk karena sudah tugas rutin," katanya.

Jakarta dilanda banjir di sejumlah kawasan kemarin. Presiden Jokowi berbicara langkah mencegah banjir seperti pembersihan selokan dan pelebaran Ciliwung.

"Tapi juga sangat tergantung sekali banjir di Jakarta itu pembersihan got. Kemudian juga pelebaran dari Sungai Ciliwung yang sampai di Jakarta sudah menyempit," ujar Jokowi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga berbicara soal pengelolaan pintu air di Ibu Kota. Selain itu, pentingnya mengeruk waduk.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar