Riau

KKKS Kabupaten Kampar Bantu Wanita Rawan Sosial

Ketua Umum KKKS Kabupaten Kampar Hj Muslimawati Catur Sugeng Susanto yang diwakili Ketua Pelaksana Harian KKKS Warsono, SP menyerahkan bantuan peralatan kue kepada wanita rawan sosial ekonomi di aula Kantor Camat Tapung di Petapahan, Kamis (19/12/19). (He

RIAUMANDIRI.ID, TAPUNG - Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (KKKS) Kabupaten Kampar menggelar Kegiatan Bimbingan Sosial Keterampilan dan sekaligus memberikan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP)  bagi wanita rawan sosial ekonomi di Kecamatan Tapung, Kamis (19/12/19).

Kegiatan Bimbingan Sosial Keterampilan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Umum KKKS Kabupaten Kampar Hj. Muslimawati Catur Sugeng Susanto yang diwakili Ketua Pelaksana Harian KKKS Warsono, SP yang digelar di aula kantor Camat Tapung di Petapahan, Kamis (19/12/19). Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Kecamatan Tapung Suprapto, SP, Narasumber dan pengurus KKKS Kabupaten Kampar. 

Para peserta merupakan wanita rawan sosial ekonomi khususnya janda baik janda cerai mati maupun cerai hidup. Para peserta mendapat pelatihan atau bimbingan membuat kue. Setelah mendapat pelatihan,  mereka para peserta diberikan bantuan berupa peralatan kue. 

Ada tiga orang narasumber yakni, Ulfa (owner Madani Bakery Bangkinang), Agusni Mariani (Kabid Pembinaan IKM Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kampar) dan Warsono (Ketua Pelaksana Harian KKKS).

Ulfa menyampaikan materi cara membuat kue yang disertai dengan praktek. Ada tiga jenis kue yang diajarkan ke peserta yakni kue donat, martabak dan brownis ketan hitam.  

Sedangkan Agusni Mariani yang akrab dipanggil Anggun menyampaikan bagaimana cara packing (kemasan)  produk. Suatu produk akan lebih bernilai bila dikemas dengan baik. Kemudian Warsono menyampaikan  tentang organisasi KKKS Kabupaten Kampar.

Ketua KKKS Kabupaten Kampar Hj Muslimawati Catur Sugeng Susanto melalui Ketua Pelaksana Harian Warsono menyampaikan bahwa kegiatan Bimbingan Sosial Keterampilan dan Bantuan UEP bagi wanita rawan sosial ekonomi ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial KKKS Kabupaten Kampar terhadap wanita rawan sosial ekonomi.

Disampaikannya, di Kabupaten Kampar saat ini masih banyak ibu-ibu yang ditinggal suami baik ditinggal mati atau ditinggal hidup atau bercerai. Sementara kebutuhan rumah tangga sangat mendesak.  

"Atas kepedulian itulah KKKS Kabupaten Kampar melaksanakan kegiatan bimbingan sosial keterampilan dan bantuan UEP," ujar Warsono. 

Ketua KKKS berharap kepada peserta agar memanfaatkan ilmu dan bantuan ini untuk memulai usaha agar  bisa berkembang dengan baik.  

"Ibu-ibu mesti bersungguh-sungguh  mengikutinya, jangan segan-segan bertanya sehingga kesempatan ini bermanfaat bagi ibu-ibu," ujarnya. 

Sementara itu koordinator bidang SDM dan Diklat KKKS Kabupaten Kampar Hj. Elis Suryani, SE selaku Ketua Panitia menyanpaikan bahwa peserta bimbingan sosial ini sebanyak 12 orang yang berasal dari desa-desa yang ada di kecamatan Tapung.  Setiap peserta mendapat bantuan peralatan kue seperti oven, mixer, dan alat cetakan kue.

Sementara itu Sekcam Tapung Suprapto menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Ketua dan pengurus KKKS Kabupaten Kampar yang telah melaksanakan kegiatan bimbingan sosial keterampilan dan bantuan UEP bagi wanita rawan sosial ekonomi di Tapung.  

"Bantuan ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan mereka," ujar Suprapto.  


Reporter: Herman Jhoni


Tags Kampar

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar