Peristiwa

Lima Penambang Emas Liar Hilang Tertimbun Longsor, Satu Selamat

Ilustrasi longsor di area penambangan emas liar. 

RIAUMANDIRI.ID, JAMBI - Enam orang penambang emas liar dikabarkan tertimbun di areal pertambangan emas liar yang ada di Desa Pulau Baru, Kecamatan Batang Masumai, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Dari informasi, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (21/12/2019) siang. Para korban tertimbun di dalam lubang tambang emas liar, di mana satu orang berhasil diselamatkan.

"Baru ditemukan satu orang, diduga ada enam orang, kawannya lima masih tertimbun karena korban tertimbun sedalam sekitar 15 meter," ujar Kapolsek Bangko, Iptu Candra Kirana seperti dilansir Metrojambi.com, Sabtu (21/12/2019).

Menurut dia, evakuasi korban dalam timbunan sempat dihentikan karena cuaca hujan, dan saat ini pihak polisi masih menunggu pimpinan dan informasi keadaan di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Pencarian dilanjutkan besok hari (Minggu hari ini) dan akan menurunkan alat berat. Medan jalannya juga buruk, diperkirakan jarak dari jalan utama ke TKP sekitar 1,5 meter. Tadi saya ke lokasi bersama Kabag Operasional dan Kapolres juga di sana," ujar Candra.

Dari informasi yang didapat, kata dia, satu dari enam korban berhasil diselamatkan, atas nama Yusuf (35) yang merupakan warga setempat. Sementara lima orang lainnya adalah warga pendatang.

Dari keterangan warga, korban yang tertimbun, pertama Yusuf yang sudah ditemukan, kemudian Jegek, Dosol, Dedok, Eko dan Danang. Kelima orang yang belum ditemukan ini merupakan warga Pati, Jawa Tengah.

Pekerja dari Jawa ini merupakan bawaan dari pemilik tambang yang juga sama-sama dari daerah setempat. Di mana pemiliknya diketahui bernama Wawan.

Wawan bekerja sama dengan Bagong. Kabarnya Bagong ini merupakan Warga Muaro Bungo Provinsi Jambi.

Dugaan sementara, musibah longsor di area penambangan emas liar itu diduga akibat intensitas hujan yang tinggi. Sehingga mengakibatkan kontur tanah menjadi labil dan terjadilah longsor.

Saat ini Polres Merangin dan Kodim 0420/Sarko sedang mendalami identitas korban dengan mencari bos tambang atas nama Wawan dan Bagong yang diketahui sudah melarikan diri.

Insiden penambang emas liar tertimbun kerap kali terjadi di sejumlah wilayah, khususnya lokasi penambangan emas liar di Jambi. Terutama di sebagian wilayah di Kabupaten Merangin yang memang terkenal dengan maraknya aksi penambangan emas liar.

Sudah tak terhitung lagi banyak korban berjatuhan akibat aktivitas yang sejatinya adalah ilegal itu. Sayangnya, baik aparat hukum maupun daerah kesulitan membersihkan Merangin dari aktivitas pertambangan emas liar.


Tags Peristiwa

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar