Nasional

Megawati: Orang Asing Banyak Jadi Pesinden, Anak-anak Kita?

Megawati Soekarnoputri

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri berbicara mengenai pentingnya mematenkan warisan budaya Indonesia. Megawati kemudian mencontohkan orang asing lebih tertarik belajar gamelan ketimbang pemuda-pemudi dalam negeri.

"Hari-hari ini bicara dengan Pak Laoly (Menkumham Yasonna Laoly), ayo sosialisasikan, betapa pentingnya kita patenkan hasil budaya seni kita. Karena kalau tidak, betapa prihatinnya saya, orang asing sekarang, bukan saya anti-asing, tidak, tapi saya menjaga kelestarian budaya dan kesenian yang namanya rakyat Indonesia," ujar Megawati dalam acara Trisakti Tourism Award di Hotel Grand Sahid Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019) malam.

"Kenapa? Karena mereka, umpamanya, orang asing sekarang, selain menggemari gamelan, banyak mereka jadi pesinden. Mana anak-anak kita? Hanya beberapa yang belajar," imbuh presiden ke-5 RI ini.

Masalah paten menjadi penting. Jika tidak, hak kekayaan intelektual (HAKI) seseorang akan dicomot begitu saja oleh pihak lain.

"Masalah paten, karena kalau saya bicara dengan UMKM, koperasi, mereka katakan 'ibu, untuk buat paten mahal sekali'. Tapi saya jawab, 'kamu lebih baik bayar mahal tetapi hasilmu tidak diambil orang. Kalau diambil, kerugian kamu makin besar'," kata Megawati.

Dalam acara ini, Megawati turut menyerahkan penghargaan kategori ekowisata yang dimenangkan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Megawati mengingatkan akan pentingnya Indonesia memiliki ciri khas wisata dan budaya.

"Karena seperti orang Jepang sekarang ini, ketika saya ke Jepang, teman saya mengatakan rakyatnya itu digerakkan, mengapa banyak yang ke Jepang, karena kekuatan keindahannya digerakkan bukan oleh dari mereka yang, mohon maaf, biro-biro tourism saja, tapi juga oleh rakyat Jepang sendiri," ujar Megawati.

Ada banyak destinasi wisata yang dimiliki Indonesia. Megawati juga mengusulkan Menparekraf Wishnutama untuk membangkitkan kembali jalur rempah Indonesia untuk bidang pariwisata.

"Kalau di Tiongkok dikenal sebagai OBOR, itu mempergunakan jalur sutra, kita juga punya jalur rempah. Pada Pak Wishnu, harus dibangkitkan kembali apa yang dijadikan jalur rempah Indonesia untuk bidang pariwisata. Memang luar biasa keindahan republik kita," ujar Megawati.

Ada sejumlah daerah yang mendapat Trisakti Tourism Award. Mereka adalah:

A. Penghargaan khusus bidang petualangan: Provinsi Sumatera Selatan

B. Penghargaan khusus bidang bahari: Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro

C. Warisan budaya dan sejarah:
1. Tabanan
2. Sumba Barat Daya
3. Payakumbuh

D. Wisata kuliner dan belanja
1. Semarang
2. Surakarta
3. Medan

E. Wisata bahari
1. Raja Ampat
2. Sumbawa
3. Belitung

F. Ekowisata
1. Banyuwangi
2. Kulonprogo
3. Batu


Tags Nasional

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar