Riau

Saksikan Gerhana Matahari Cincin, 5 Ribu Wisatawan akan 'Serbu' Sungai Apit Siak

Ilustrasi

RIAUMANDIRI.ID, SIAK - Pemerintah Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau, memperkirakan sedikitnya akan ada 5 ribu wisatawan akan memadati Lapangan Kampung Bunsur untuk menyaksikan rangkaian kegiatan Festival Gerhana Matahari Cincin 26 Desember nanti.

“Jumlah homestay yang kami kerjasamakan dengan masyarakat tempatan saat ini yang sudah terpesan berjumlah 211 unit yang tersebar di enam kampung sekitar lokasi acara, ditambah satu wisma yang ada di Kecamatan Sungai Apit," kata Camat Sungai Apit, Wahyudi, Ahad (22/12/2019).

Di luar itu, lanjutnya sampai saat ini masih ada warga yang juga bersedia untuk bekerjasama menawarkan homestay. Diharapkan ini dapat berdampak positif bagi perekonomian masyarakat tempatan, baik dari akomodasi, penjualan kuliner dan cinderamata, parkir dan lain sebagainya.

Panitia kata dia, juga akan menyediakan tenda untuk pelaksanaan salat gerhana berjamaah di lokasi lapangan Kampung Bunsur. Namun untuk mengantisipasi membludaknya peserta, para pengunjung kata dia dihimbau untuk membawa sendiri perlengkapan salat seperti sajadah.

"Untuk mengantisipasi jumlah pengunjung Festival GMC di luar dugaan, disarankan untuk membawa perlengkapan sholat dan sajadah masing-masing dari rumah," ujarnya.

Kampung Bunsur, Sungai Apit Kabupaten Siak telah ditetapkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bersama Kota Singkawang KalimantanBarat, menjadi lokasi pengamatan gerhana tersebut. Fenomena alam yang terjadi 300 tahun sekali ini dimanfaatkan oleh Kabupaten Siak dalam menarik minat kunjungan wisata untuk menyaksikan peristiwa tersebut dalam rangkaian iven yang dikemas bernuansa Islami.

Beberapa item acara yang akan digelar dalam iven tersebut diantaranya pelaksanaan tabligh akbar, khutbah dan sholat gerhana berjamaah, zikir bersama, hingga sholawat hadrah. Rangkaian Festival GMC dimulai dua hari jelang hari H pelaksanaan, Selasa (24/12) di Kampung Bunsur.

Sementara itu Bupati Siak Alfedri meminta sejumlah perbaikan dan penyempurnaan terus dilakukan jelang memasuki puncak kegiatan agar kegiatan dapat berjalan lancar. Persiapan katanya sudah sejak tiga bulan yang lalu dengan mengemas acara dengan nuansa Islami.

"Bapak Ketua LAPAN dan Bapak Gubernur Riau serta dari Kementerian Pariwisata Insya Allah akan hadir bersama kita," kata Alfedri.


Tags Siak

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar