Politik

Kutuk Keras Penindasan Muslim Uighur, Ribuan Umat Islam Indonesia Akan Geruduk Kedubes China

Habib Ali Alatas. (Internet)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA - Ribuan orang yang tergabung dari beberapa ormas Islam akan menggeruduk kantor Kedutaan Besar Republik Rakyat China (Kedubes RRC) di Jakarta dalam rangka mengecam dan mengutuk keras tindakan kekerasan terhadap muslim Uighur.

Aksi dengan tema "Aksi Nasional Selamatkan Muslim Uighur Bersama Ormas-Ormas Islam Se-Indonesia" akan digelar pada Jumat (27/12/2019) mendatang usai Salat Jumat.

"Penindasan yang dialami saudara muslim kita dari etnis Uighur di wilayah Xinjiang, yang bermakna harfiah "Koloni Baru" yang dilakukan oleh rezim komunis China dengan keji dan kejam sudah sangat mengkhawatirkan dan tidak bisa ditolerir lagi," kata Jurubicara Aksi, Habib Ali Alatas kepada awak media, Senin (23/12/2019).

Apalagi, lanjut Habib Ali, informasi yang dia dapat bahwa muslim di Uighur dilarang memiliki dan membaca Al-Quran serta dipaksa wajib mengikuti kamp reedukasi.

"Sesungguhnya itu adalah penahanan semena-mena tanpa proses hukum yang adil sesuai standar internasional," ungkapnya.

"Maka kami dari berbagai ormas Islam mengecam dan mengutuk keras tindakan zalim rezim komunis China terhadap saudara muslim Uighur," ujar Habib Ali menambahkan.

Beberapa ormas yang sudah menyetakan bergabung dalam akasi ini, Front Pembela Islam (FPI), Persaudaraan Alumni (PA) 212, Gerakan Nasional Pembela Fatwa (GNPF) Ulama, dan Ulama Betawi (Fuhab).

Mereka akan bergabung dalam ormas Islam Se-Indonesia.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar