Ekonomi

Selama Libur Natal dan Tahun Baru, Kepala Terminal Payung Sekaki Tingkatkan Ramp Check

Kepala Terminal Payung Sekaki Henry Tambunan bersama Dishub lakukan ramp check terhadap bus angkutan umum

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Kepala Terminal Payung Sekaki Pekanbaru, Henry Tambunan bersama Dinas Perhubungan meningkatkan kegiatan ramp check. 

Kegiatan tersebut dimaksudkan agar keamanan dan kenyamanan tetap terjaga walaupun dalam masa padat penumpang.

"Biasanya tiap hari ramp check. Cuma angkutan lebaran dan Nataru ini perlu ditingkatkan, dimaksimalkan. Apalagi sekarang sedang ramai dan memakai bus tambahan dan bus pariwisata. Perlu dipastikan keamanannya," jelas Henry kepada Riaumandiri.id, Senin (23/12/2019).

Ramp check adalah pemeriksaan sarana transportasi oleh tim penguji yang berfokus pada tiga unsur penting, yaitu administrasi, teknis, dan penunjang. 

Unsur administrasi meliputi SIM umum, STNK, surat tanda uji kelayakan (STUK), dan kartu pengawasan. Kemudian unsur teknis mencakup sistem penerangan, sistem pengereman, serta kelaikan ban depan dan ban belakang kendaraan. 

Untuk unsur penunjang, yang akan diperiksa adalah pengukur kecepatan (spidometer), sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan (wiper), juga kaca spion dan klakson.

Kemudian apabila ditemukan pelanggaran administrasi dan teknis, akan dikenakan sanksi berupa tindakan tilang dan dilarang beroperasi terhadap pelanggar. Sedangkan jika ditemukan pelanggaran pada unsur penunjang, akan diberikan catatan untuk segera melengkapi dan memenuhi persyaratan yang kurang, baru boleh beroperasi.(mg2)


Tags Pekanbaru

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar