Riau

Senin Depan, Komisi Informasi Riau Resmikan Kantor Baru dan Kukuhkan Pengurus For-KI

Ketua Komisi Informasi Riau, Zufra Irwan,SE

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU – Gubernur Syamsuar dijadwalkan pada Senin (30/12/2019) mendatang meresmikan kantor Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau, sekaligus mengukuhkan kepengurusan Forum Wartawan Keterbukaan Informasi (For-KI) Riau periode 2019-2024.

Ketua Komisi Informasi Riau, Zufra Irwan dalam keterangannya kepada wartawan mengungkapkan, kantor baru yang ditempati KI Riau berada di lantai III Gedung Bersama KONI Riau di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru. 

"Alhamdulillah, Komisi Informasi Riau diberikan kantor baru oleh Bapak Gubernur di Lantai 3 Gedung Bersama KONI Riau. Dan, Bapak Gubernur yang akan meresmikan pemakaian kantor baru tersebut," ujar Zufra, Kamis (26/12/2019) .

Menurut rencana, peresmian kantor baru KI Riau itu akan ditandai dengan penandatanganan piagam peresmian dan 'Ketuk Palu' penggunaan ruang sidang utama Majelis Komisioner oleh Gubernur Syamsuar. Ruang sidang tersebut berfungsi  tempat  Komisi Informasi menyidangkan perkara sengketa informasi publik (SIP), seperti persidangan di Pengadilan Negeri. 

Selain meresmikan pemakaian kantor baru KI, saat bersamaan Gubri juga bakal mengukuhkan kepengurusan Forum Wartawan Keterbukaan Informasi (For-KI) Riau masa bakti 2019-2024. 

For-KI Riau merupakan lembaga independen yang dibentuk sebagai mitra Komisi Informasi dalam mensosialisasikan UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP) No 14 tahun 2008. 

Forum ini akan ikut mengawasi pelaksanaan amanat UU KIP dan Permendagri No 3 tahun 2017 oleh badan-badan publik yang ada di Provinsi Riau. Dalam hal ini Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) utama maupun pembantu. 

Ketua Forum Wartawan Keterbukaan Informasi (For-KI) Riau H Novrizon Burman secara terpisah mengungkapkan kesiapan lembaganya untuk bermitra dengan Komisi Informasi Riau. 

"Kehadiran For-KI Riau memang bertujuan untuk mensupport KI Riau dalam menjalankan fungsinya, terutama sosialisasi dan penguatan keterbukaan informasi di tengah-tengah masyarakat," ujar Novrizon.

Pembentukan pengurus For-KI Riau dilaksanakan pada Minggu lalu oleh sejumlah wartawan senior Riau yang concern dengan Keterbukaan dan Transparansi Informasi. Hadir dalam pembentukan itu segenap komisioner KI Riau yang dipimpin Ketua Zufra Irwan.

Adapun susunan pengurus dan anggota For-KI Riau periode 2019-2024 yang akan dikukuhkan Gubernur Riau adalah sebagai berikut. 

  • Pembina Komisioner KI Riau dan Ketua Komisi I DPRD Riau.
  • Pengurus Harian; Ketua: H Novrizon Burman (Riausatu.com)
  • Sekretaris: Tun Akhyar (MataPers.com)
  • Bendahara: Amril Jambak (Menitriau.com)
  • Koordinator Bidang Sosialisasi KIP: Mohd. Moralis (Riaumandiri.id) 
  • Bidang Pengawasan KIP: Bambang Irawan Syahputra (Berazam.com).

Anggota: Nurmadi (Harian Haluan Riau), Zulmiron (Hariantimes.com), Yadi Ismael (Harian Vokal), Tengkulem Siregar (RRI.co.id), Hendri Wibowo (Riauterkini.com), Romi Juniandra (Bertuahpos.com), Nyimas Naima Azzahra (GoRiau.com, Hasbul (Riau online.com) dan Satria Yonela Putra (cakaplah.com).



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar