Pendidikan

Forum Paud Kampar Stuban ke Paud Berprestasi Tingkat Nasional

Sekretaris Forum Paud Kabupaten Kampar drg. Awal Haenniwati didampingi pengurus menyerahkan cinderamata kepada Kabid PNF dan Paud Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Sugeng Mulyo Subono di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta

RIAUMANDIRI.ID, YOGYAKARTA - Pengurus Forum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  Kabupaten Kampar melakukan studi banding (studi banding) ke Paud Berprestasi Tingkat Nasional di Kota Yogyakarta, Kamis (26/12/2019). Studi banding ini dilakukan dalam rangka sharing informasi, pengayaan wawasan dan pengetahuan guna memajukan pendidikan anak usia dini. 

Pengurus Forum Paud yang melakukan kunjungan kerja ini diketuai oleh Sekretaris Forum Paud Kabupaten Kampar drg. Awal Haenniwati mewakili Ketua Forum Paud Kabupaten Kampar Ny. Hj. Muslimawati Catur Sugeng Susanto, didampingi Kordinator bidang kurikulum Jaafar Sodik S.Pd MSi, Koordinator Bidang SDM Herman Jhoni,  S.Sos, M.Si, Bendahara Debbie Ricardo,  Wakil Bendahara Yuli Artati,  Dhian Suzana dan pengurus lainnya.

Lokasi studi banding adalah Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Karangkajen Kota Yogyakarta. Kedatangan pengurus PAUD di Dinas Sosial diterima oleh Kabid PNF dan Paud Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Sugeng Mulyo Subono,  Kasi Paud Suryani dan staf.  

Dari pertemuan tersebut terungkap bahwa di Kota Yogyakarta saat ini terdapat 600 lembaga paud, 200 diantaranya pendidikan TK.  Dari 600 Paud tersebut 100 diantarannya sudah menerapkan pendidikan Paud HI (Holistik Integratif). 

Hubungan kemitraan antara dinas pendidikan dengan Forum Paud Kota Yogyakarta terjalin dengan baik. Meskipun tidak ada bantuan hibah kepada Forum Paud sejak empat tahun terakhir, kegiatan-kegiatan Forum Paud  tetap berjalan dengan baik.

Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dalam setiap kegiatan Paud selalu melibatkan Forum Paud. Bahkan dalam pendataan dan penetapan pemberian insentif guru Paud,  harus ada rekomendasi terlebih dahulu dari Forum Paud.

Demikian juga dalam hal pengajuan proposal kegiatan pendidikan Paud dan pemetaan Paud, Dinas pendidikan selalu melibatkan Forum Paud. “Kita (Dinas Pendidikan, red) selalu bermitra dan bersinergi dengan Forum Paud dalam rangka peningkatan kualitas dan kuantitas Paud,” ujarnya. 

Kabid PNF dan Paud Disdik Kota Yogyakarta Sugeng Mulyo Subono  yang  juga ketua PGRI Kota Yogyakarta dan staf menjelaskan secara gamblang bagaimana sistem kemitraan yang mereka bangun dengan Forum Paud Kota Yogyakarta.  Pada saat diskusi banyak pertanyaan, saran dan saling tukar informasi diantara kedua belah pihak. 

Usai pertemuan di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta,  pengurus Forum Paud Kabupaten Kampar melakukan kunjungan ke TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Karangkajen Kota Yogyakarta. TK  ABA Karangkajen merupakan salah satu Paud berprestasi tingkat nasional. Pada tahun 2013 lalu TK ABA Karangkajen meraih prestasi sebagai juara I nasional tingkat pencapaian terbaik bidang kesehatan.

TK ABA Karangkajen berdiri pada tahun 1930 jauh sebelum Indonesia merdeka yang kini telah berusia 89 tahun. TK ABA Karangkajen adalah TK ABA ketiga yang  berdiri di Indonesia setelah TK ABA pertama di Kauman Yogyakarta. TKA ABA Karangkajen memiliki segudang prestasi baik lokal, regional maupun nasional. Lebih dari seratus piala dan piagam penghargaan terpajang diruang majelis guru.

Kepala TK ABA Karang Kajen Yogyakarta Winarni, SPd didampingi guru dan pengawas TK Disdik Yogyakarta Jundana mengajak seluruh pengurus melihat fasilitas dan sistem pendidikan di TK ABA Karangkajen. Fasilitas  sarana dan Prasarana di TK ABA sangat lengkap. Ada ruang sentra bahan alam, ruang sentra aika, sentra balok, mushalla, ruang kesehatan. Demikian juga  Alat Permainan Edukatif (APE) baik  indoor maupun outdoor sangat lengkap.    

 Dari pemaparan Winarni terungkap bahwa TK ABA Karangkajen memiliki visi Terbentuknya Peserta Didik Yang Cerdas, Kreatif, Islami dan disiplin. Jumlah anak didik TK sebanyak 150 orang, KB B 20 anak, KB A 10 Anak,  dan TA A 5 Anak.

Sekretaris Forum PAUD Kabupaten Kampar drg. Awal Haenniwati yang juga menjabat sebagai Sekretaris  Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar dan Koordinator Bidang Kurikulum Forum Paud Jaafar Sodik, mengaku kunjungan ke Dinas Pendidikan dan TK ABA Karangkajen Yogyakarta sangat bermanfaat dalam upaya  meningkatkan  kualitas  Paud di Kabupaten Kampar. 

“Apa dan bagaimana pengelolaan dan pengembangan Paud di sini (Kota Yogyakarta), akan menjadi contoh  bagi kita dalam meningkatkan  kualitas dan kuantitas  Paud di Kabupaten Kampar,” ujar Jaafar Sodik yang juga sehari-hari menjabat sebagai Kabid PNF dan Paud Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar.


Reporter: Herman Jhoni


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar