Pendidikan

Fisipol UIR Direkomendasikan Raih ISO 9001:2015

Dekan Moris Addidi Yogia dengan Tim FISIPOL

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU – Langkah maju diterobos Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau. Menjelang tutup tahun 2019, BSI Auditor for ISO 9001:2015 merekomendasikan FISIPOL meraih Sertifikat ISO 9001:2015.

Rekomendasi itu disampaikan Mr. Wira Prasetya dari BSI kepada FISIPOL dalam closing meeting pada Jumat (27/12/2019) di Kampus UIR, Pekanbaru. Hadir dalam closing meeting antara lain Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL, Dekan Dr Moris Addidi Yogia, Wakil Dekan dan sejumlah dosen di FISIPOL.

ISO (International Organization for Standardization) merupakan sistem manajemen mutu untuk melakukan review dan perubahan secara berkala sesuai dengan kaidah yang diatur oleh ISO. 

Perubahan dilakukan dalam rangka mengimbangi standar perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi, serta relevansi terhadap industry dan lingkungan makro organisasi yang mengadopsi sistem manajemen mutu. 

Review dan perubahan ISO 9001:2015 bertujuan antara lain memudahkan integrasi dengan sistem manajemen lainnya, menyediakan pendekatan yang integrative terhadap konsep manajemen organisasi dan memastikan standar internasional memenuhi kebutuhan seluruh bidang organisasi yang mengadopsinya. Juga meningkatkan kemampuan organisasi dalam memuaskan pelanggan.

Dekan FISIPOL Moris Addidi Yogia mengaku senang dengan rekomendasi BSI. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Auditor BSI yang dalam beberapa hari telah menghabiskan waktu melakukan pemeriksaan terhadap manajemen FISIPOL. Ia juga tak lupa memberi penghargaan dan apresiasi tinggi kepada program studi, dosen dan pegawai yang turut mensukseskan kegiatan ISO.

''Kalian Tim yang hebat, saya bangga bekerjasama dengan semuanya. Good job,'' Moris berkomentar singkat usai menerima rekomendasi BSI di FISIPOL.

Rasa bangga juga terpancar di wajah Rektor Syafrinaldi. Guru Besar HAKI ini menyatakan, FISIPOL merupakan fakultas ketiga yang memperoleh ISO setelah Fakultas Hukum dan Fakultas Agama Islam. Baginya, ISO dapat meningkatkan performa FISIPOL agar lebih baik dengan menerapkan standar internasional. 

“Raihan ISO 9001:2015 yang direkomendasikan BSI merupakan langkah nyata FISIPOL mendukung sekaligus mempertahankan capaian akreditasi. Ini bukan semata keberhasilan FISIPOL tetapi juga UIR,” kata Syafrinaldi.

Syafrinaldi berpesan kepada FISIPOL  supaya tidak hanyut dan terlena dengan capaian ISO. Sebaliknya dapat menjadikan ISO sebagai starting point berbuat lebih baik dan lebih tepat agar FISIPOL bisa berjaya, gemilang, cemerlang dan terbilang di masa mendatang. 

"Tugas kita ke depan mempertahankan ISO. Semoga langkah FISIPOL diikuti pula oleh fakultas lainnya," ujar Syafrinaldi.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar