Riau

Rawan Bencana, Riau Canangkan Pembangunan Infrastruktur Berwawasan Lingkungan


Sekda Provinsi Riau Yan Prana Jaya

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau tengah mencangkan konsep pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan atau dikenal dengan 'Riau Green'. Hal ini guna mengantisipasi ancaman bencana alam.

Hal itu disampaikan Sekretaris adaerah Provinsi Riau Yan Prana Jaya dalam acara simposium Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) Provinsi Riau, di sebuah hotel di Pekanbaru, Selasa (14/1/2020).

"Pembangunan berwawasan lingkungan di Provinsi Riau untuk mencegah akibat fatal bencana, seperti longsor. Salah satu penyebab terjadinyabencana karena pembangunan tidak memperhatikan kelestarian lingkungan," kata Yan Prana.

Dia menjelaskan, konsep pembangunan berwawasan lingkungan sudah ditetapkan dalam RT/RW Provinsi Riau dan program Riau Hijau tertuang dalam RPJMN Riau 2019-2024.

"Zona yang ditetapkan sebagai kawasan hijau jangan diganggu, apalagi sampai mendirikan bangunan di sana. Karena kawasan hijau itu adalah tempat penyerapan air dan harus dijaga bersama,

Lebih lanjut dia menerangkan tentang prioritas pembangunan Provinsi Riau. Pertama yaitu untuk peningkatan pemerataan akses, kualitas dan relevansi pendidikan.

Selanjutnya, pembangunan Riau untuk peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat, peningkatan kualitas lingkungan hidup, mitigasi bencana dan perubahan iklim.

Kemudian pengimplementasian nilai-nilai dalam kehidupan, peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur dasar secara merata di semua kawasan, khususnya di daerah terisolir dan perbatasan.
 

Reporter: Rico Mardianto




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar